Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

Semua Urusan Sekolah Beres Berkat Laptop ASUS Legend Yang Menemaniku Sepanjang Waktu

30 September 2023 Teknologi
Semua Urusan Sekolah Beres Berkat Laptop ASUS Legend Yang Menemaniku Sepanjang Waktu

Menjadi seorang guru di sekolah jenjang SMA adalah hal yang selama ini sudah saya jalani kurang lebih delapan tahun. Bisa dibayangkan selama ini menjadi seorang guru. Tujuan saya menjadi guru tidak lain adalah untuk mencerdaskan anak-anak bangsa Indonesia.

Saya mengajar di SMA Yadika Natar, kabupaten Lampung Selatan pada mata pelajaran Biologi, dan bekerja di bawah sekolah berbasis Yayasan Swasta. Sehingga dalam setiap tuntutan pekerjaan yang dikerjakan harus sudah terdigitalisasi dan selalu di bawah kendali laptop, baik ketika mengajar di kelas maupun ketika mengerjakan tugas-tugas sekolah lainnya.

Upacara Peringatan HUT RI Ke-78 Tahun 2023 di SMA Yadika Natar Lampung Selatan
Gedung Sekolah Tempat Saya Bekerja Sebagai Guru di SMA Yadika Natar Lampung Selatan

Laptop adalah pegangan setiap hari untuk menyelesaikan setiap pekerjaan mengajar dan tugas-tugas sekolah. Ibaratnya sudah menjadi teman (bestie) setiap waktunya.

Untuk urusan-urusan sekolah saya dari dulu selalu mempercayakan untuk dikerjakan dengan menggunakan laptop ASUS. Bahkan rekan-rekan guru di sekolah saya selalu tampil memukau dengan laptop ASUS yang dipakainya untuk mengerjakan suatu hal di sekolah.

Enggak tahu juga ya mengapa menurut pengalaman saya ketika menggunakan laptop dari brand ASUS ini cukup ergonomis saat pemakaian, desain lebih ringkas dan mudah digunakan.

Karena saya merupakan tipe orang yang simpel, bagi saya laptop ASUS yang saya pakai selama ini sudah sangat bagus membantu mengcover setiap pekerjaan selama menjadi guru.

Dan inilah laptop ASUS yang sudah lama sekali saya pakai hingga hari ini, yang saya pakai untuk mengajar siswa di kelas maupun mengerjakan pekerjaan atau tugas-tugas di sekolah.

Mungkin itulah laptop yang saya pakai, dan maaf jika sudah ketinggalan dengan brand ASUS yang baru.. hehe…

Merek Laptop Apa Sih yang Selama Ini Saya Pakai?

Saya memakai laptop ASUS SonicMaster X555LA sudah bertahun-tahun sejak akhir 2016 sampai sekarang. Menurut pengalaman saya ketika menggunakan laptop ini cukup bagus dan lancar-lancar saja. Walaupun jujur sih ini tergolong laptop yang sangat lama dan saat ini belum bisa beli yang baru, maka masih relate dan cocok untuk membantu saya ketika mengajar di kelas.

Bahkan ketika membuat laporan dan pekerjaan-pekerjaan di sekolah masih dibilang sangat layak. Saya tidak pernah mengeluh dengan laptop ini, karena ini laptop legend yang sudah berjasa dalam karir saya sebagai guru.

Keterkaitan Fitur dan Keuntungan/Kelebihan Laptop ASUS X555LA yang Saya Pakai

Selama menggunakan laptop ASUS SonicMaster X555LA maka ada beberapa kelebihan yang saya rasakan, antara lain:

1. Harganya Worth It

Laptop ini menurut saya cukup worth it bagi siapa saja yang menginginkan laptop dengan harga terjangkau namun sudah mengcover semua urusan pekerjaan yang bertipe ringan-sedang.

Saya memilih laptop jenis ini karena memang sesuai kebutuhan saya. Saya membeli laptop ini seingat saya sekitar tahun 2016 akhir. Harganya pun waktu itu gak lebih dari 6 juta. Pokoknya sesuailah dengan budget dan kebutuhan saya.

BACAAN LAINNYA:  Untung Ada Kotakode.com, Belajar Koding Jadi Semakin Gampang !

2. Desain Ringkas dan Ergonomis

Laptop ASUS X555LA yang saya pakai ini menurut saya sangat ergonomis dengan design ringkas, memiliki lekukan lingkaran konsentris pada tutupnya, warna yang cerah sehingga memberikan kenyamanan tersendiri saat saya menggunakannya. Bahkan saat saya membawanya juga enteng dan tidak berat. Sehingga jika laptop ringkas dan ringan tentu saat dibawa tentu tidak membuat punggung atau lengan tangan saya sakit.

Ergonomis disini saya pandang juga sebagai sesuatu hal yang sangat membuat saya semakin produktif, saya bisa semakin berkreasi serta urusan kerja cepat beres. Tentu hal ini tidak terlepas dari produk laptop ASUS model X555LA.

3. Layarnya Tidak Bikin Mata Sakit

Selama ini saya tidak banyak mengeluhkan laptop ASUS jenis ini. Hal ini karena nyaman sekali saat digunakan dengan layar monitor tidak terlalu cerah (rata-rata 160 nits). Apalagi saat menatap layar monitor laptop ini berjam-jam tetap saja nyaman, mata juga gak sakit atau memerah dan pedas. Hal ini karena laptop ASUS yang saya gunakan ini juga diketahui dalam sistem desain layarnya sudah dilengkapi dengan kemampuan untuk mereduksi sinar biru yang bisa berbahaya bagi kesehatan mata.

4. Sistem Operasi Windowsnya Sudah Bagus

Sistem windows di laptop saya ini masih windows 8.1, maaf agak jadul, cuma nanti bisalah kalo mau instal ulang menjadi windows 11 yang mungkin akan semakin ngacir saat dipacu untuk menyelesaikan urusan-urusan pekerjaan di sekolah. Namun, selama ini saya tetap nyaman-nyaman saya menggunakan laptop versi pilihan saya ini.

Dari beberap literatur di internet yang saya baca bahwa keuntungan jika laptop yang kita miliki sudah memakai windows 11 antara lain tampilannya lebih elegan, terdapat fitur snap layouts, ada fitur direct storage, fitur auto HDR mode, terintegrasi dengan Teams dan aplikasi android, serta memiliki keamanan yang lebih ekstra dibandingkan dengan windows 10 atau yang ada di bawahnya.

Selain itu, laptop ASUS yang sudah dilengkapi dengan windows 11 memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan windows 10. Dan kabar baiknya saat ini bahwa: “Laptop ASUS hadir dengan dilengkapi Windows 11 Home. Ketika pekerjaan menumpuk, laptop ASUS dengan Windows 11 siap membantu Anda menyelesaikannya. Laptop ASUS dengan Windows 11 yang lebih nyaman di mata, memungkinkan Anda mengekspresikan diri dan cara kerja terbaik Anda. Dan tidak hanya Windows 11 asli, tersedia juga genuine Microsoft Office 2021 untuk menunjang aktivitas Anda sepanjang hari.” 

Dan seperti yang kita ketahui bahwa ASUS adalah brand yang paham akan kebutuhan penggunanya, dan setiap beberapa periode tertentu seringkali berinovasi menciptakan laptop ASUS dengan model baru sesuai perkembangan teknologi terkini. Dan memang untuk generasi laptop keluaran terbaru dari ASUS saat ini memang sudah banyak yang dilengkapi dengan windows 11, sehingga hal ini sangat penting mengingat semakin kesini sisi desain, storage, kenyamanan dan keamanan laptop bagi penggunanya sangat dibutuhkan serta mempercepat semua urusan pekerjaan apapun itu jenisnya.

BACAAN LAINNYA:  Kebutuhan Laptop dalam Mendukung Karir Saya Sebagai Seorang Guru Honorer

5. Audio dan Tampilan Videonya Memukau

Jujur saja saat saya menyetel lagu-lagu dengan laptop ini maka suaranya nyaring dan pas di telinga. Selain itu, saat menonton film-film apapun itu menggunakan laptop ini juga nampak enak dilihat, serta menimbulkan kesan nyaman di mata.

Saat saya melakukan zoom meeting ketika kuliah Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan beberapa waktu lalu juga sangat lancar untuk fitur audio maupun videonya.

Kenangan PPG Daljab 2022 2023 di Kampus Universitas Khairun Ternate
Kenangan zoom meeting bersama teman-teman kuliah PPG Daljab 2022 di Kampus Universitas Khairun Ternate menggunakan Laptop Asus Legend.

6. Daya Baterainya Kuat

Saya menggunakan laptop legend ini sejak lama, dan rupanya dengan perawatan laptop yang bagus dengan tidak mengecas sambil bekerja, maka baterainya akan terus awet.

Saya bisa menggunakan laptop ini seharian selama di sekolah. Sangat menyenangkan menggunakan laptop besutan ASUS ini karena baterainya yang kuat dan tidak cepat panas juga laptopnya.

7. Keyboard

Saat saya mengetikkan tugas-tugas laporan dan membuat berbagai produk desain dari laptop ASUS X555LA model lama tahun 2015 ini maka saya merasa nyaman-nyaman saja dengan keyboardnya yang nampak sedikit tersembunyi.

Saat mengetukkan jari-jari di papan keyboard terasa ringan dan tidak berat, sehingga saat mengetik lebih leluasa, dan saya suka cara ASUS memperlakukan penggunanya dengan membuat desain keyboard yang mudah digunakan.

8. Memori Penyimpanan dan Storage

Selama ini baik-baik saja untuk penyimpanan memorinya serta storagenya yang mencapai 128GB. Karena memang memorinya sudah saya perkirakan dengan tugas-tugas yang saya kerjakan. Jadi sebelum membeli laptop ini saya sudah menyesuaikan antara storage dan memori dengan tugas apa yang akan saya kerjakan.

Itulah beberapa keunggulan yang bisa saya nikmati dan rasakan langsung ketika menggunakan laptop ASUS model X555LA ini. Keunggulan dari laptop ini menurut saya juga tidak terlepas dari spesifikasi yang ada pada produk tersebut.

9. Fitur Penunjang Lainnya

Pada bagian sisi sebelah kiri sasis laptopnya terdapat konektor pengisian daya, konektor Gigabit Ethernet, port HDMI maupun VGA, dua port USB 3.0, serta port kunci Kensington. Selain itu, terdapat juga Port kartu SD, jack headphone/mikrofon, port USB 2.0, serta ada drive DVD-RW yang saling berjejer di bagian sisi kanan sasisnya. Ada juga fitur WIFI untuk berselancar mencari informasi di internet.

BACAAN LAINNYA:  Kolaborasi NASA, NOAA, dan AI Selamatkan Internet dari Badai Matahari

Spesifikasi Laptop ASUS Model X555LA Tahun 2015 yang Saya Pakai

Dilansir dari situs resmi ASUS, bahwa Untuk spesifikasi laptop ASUS SonicMaster X555LA yang saya pakai adalah sebagai berikut:

MODELX555LA
Operating SystemWindows 8.1 (64bit)
Windows 8.1 Professional (64bit)
Free DOS
Windows 10 Home – ASUS recommends Windows 10 Pro for business
Windows 10 Pro – ASUS recommends Windows 10 Pro for business
ProcessorIntel® Core™ i5-5200U Processor, 2.2GHz (3M Cache, up to 2.7GHz)
Intel® Core™ i7-5500U Processor 2.4 GHz (4M Cache, up to 3.0 GHz).
Intel® Core™ i3-4005U Processor 1.7 GHz (3M Cache, up to 1.7 GHz).
Intel® Core™ i3-5005U Processor 2.0 GHz (3M Cache)
GraphicsIntel® HD Graphics 5500
Intel® HD Graphics 4400
Display15.6-inch, HD (1366 x 768) 16:9 aspect ratio, LED Backlit, 60Hz refresh rate, 200nits, 45% NTSC color gamut, Glossy display, Non-touch screen
15.6-inch, FHD (1920 x 1080) 16:9 aspect ratio, LED Backlit, 60Hz refresh rate, 200nits, 45% NTSC color gamut, Anti-glare display, Non-touch screen
15.6-inch, HD (1366 x 768) 16:9 aspect ratio, LED Backlit, 60Hz refresh rate, 200nits, 45% NTSC color gamut, Anti-glare display, Non-touch screen
Memory4GB DDR3 on board
Max Total system memory up to:12GB
4GB DDR3 on board
4GB DDR3L SO-DIMM
Max Total system memory up to:12GB
4GB DDR3 on board
2GB DDR3L SO-DIMM
Max Total system memory up to:12GB
Storage500GB SATA 5400RPM 2.5″ HDD
1TB SATA 5400RPM 2.5″ HDD
128GB SATA 2.5″ SSD
128GB SATA 2.5″ SSD, 1TB SATA 5400RPM 2.5″ HDD
256GB SATA 2.5″ SSD
Optical DriveDVD writer 8X
Without optical drive
I/O Ports2x USB 3.0
1x USB 2.0 Type-A
1x RJ45 LAN Jack for LAN insert
1x HDMI
1x VGA Port (D-Sub)
1x 3.5mm Combo Audio Jack
Spec: SD only
Keyboard & TouchpadChiclet Keyboard
AudioSonicMaster
Built-in speaker
Built-in microphone
Network and CommunicationWi-Fi 4(802.11bgn) (Single band) 1*1 + Bluetooth 4.0
Wi-Fi 5(802.11ac) (Dual band) 1*1 + Bluetooth® 5.1 Wireless Card
Wi-Fi 4(802.11bgn) (Single band) 1*1
Battery37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion
Power Supplyø5.5, 45W AC Adapter, Output: 19V DC, 2.37A, 45W, Input: 100~240V AC 50/60Hz universal
Microsoft OfficeMicrosoft® Office 2013 Trial
1-month trial for new Microsoft 365 customers. Credit card required.
WPS Office 30 days trial version
Microsoft Office Home & Business Premium plus Office 365 Service
Included in the BoxWired optical mouse (USB)

Terakhir, Tips Simpel Memilih Laptop Versi Saya

Menurut pengalaman saya pribadi bahwa untuk membeli dan memilih laptop maka sesuaikan saja dengan kebutuhan kita. Belilah suatu barang sesuai kebutuhan, bukan berdasarkan keinginan.

Jika misalnya kita bekerja sebagai seorang developers yang bekerja di industri programming, atau konten kreator yang membutuhkan tenaga laptop super cepat dan gesit dalam render video dan lain sebagainya, maka memiliki laptop dengan spesifikasi daya pacu yang handal, ruang penyimpanan besar atau memiliki harga puluhan juta menurut saya worth it. Dan tentunya tidak masalah untuk dibeli karena memang sudah sesuai dengan kebutuhan dan mampu menunjang produktivitas.

Sama halnya juga dengan saya yang bekerja sebagai seorang guru tentu memiliki laptop juga saya sesuaikan dengan budget dan juga kebutuhan saya.

Karena jujur saja, saya ketika bekerja sebagai guru di sekolah, mungkin hal-hal yang sering saya kerjakan tentu yang berbasis dengan kegiatan-kegiatan sekolah, pembuatan laporan pertanggungjawaban (LPJ), laporan penelitian, pembuatan perangkat pembelajaran, dan lain sebagainya.

Dalam proses pembuatan tugas-tugas sekolah ini tentu saja saya menggunakan berbagai fitur aplikasi yang sudah terinstal di laptop sebagai contohnya microsoft office seperti ms.excel, ms.word, atau ms.power point untuk membuat slide presentasi untuk mengajar di kelas dan lain sebagainya. Selain itu, saya juga membutuhkan laptop yang cukup bagus untuk mengedit dan membuat video, desain grafis berupa gambar-gambar sederhana untuk mendukung tugas-tugas belajar siswa, membuat infografis, dan sejenisnya, sehingga benar-benar saya sesuaikan saja dengan kebutuhan saya.

Bagi saya harga laptop ASUS di bawah 10 juta juga sudah bagus-bagus kalau bekerjanya hanya untuk sebatas sebagai guru seperti saya. Kalau mau membeli dengan harga yang lebih tinggi juga tidak masalah.

Toh, menurut saya pada akhirnya kebutuhan seseorang terhadap laptop yang dibeli juga semestinya disesuaikan juga dengan kebutuhan serta budget yang dimiliki si penggunanya. Bukan bermaksud apa-apa, hanya untuk menjamin bahwa sesuatu hal yang kita beli harus bisa dipertanggungjawabkan, serta mau dibutuhkan untuk hal apa saja?. Selain itu juga untuk menjamin bahwa apa yang kita beli itu hanya untuk hal-hal yang sifatnya prioritas serta mendukung produktivitas kerja agar lebih baik lagi.

Oya, teman-teman bisa mengunjungi official situs asus.com untuk memperoleh informasi lengkap seputar produk-produk laptop ASUS dan aksesorisnya.

Baiklah, itu saja sharing dari saya tentang pengalaman menggunakan produk laptop ASUS SonicMaster X555LA untuk menunjang seluruh aktivitas pekerjaan saya di sekolah.

Tentunya produk-produk laptop ASUS yang sudah saya pakai ini sangat menolong saya selama ini ketika mengajar siswa di sekolah, sehingga semua urusan saya di sekolah semuanya menjadi beres.

Terimakasih ASUS Indonesia.

Salam dari Guru Indonesia,

Wahid Priyono, S.Pd., Gr.

Taggs:
Write a comment