Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

5 Alasan Memilih Laptop Mobile Workstation Sebagai Mitra Bisnis yang Andal

13 September 2021 Teknologi
5 Alasan Memilih Laptop Mobile Workstation Sebagai Mitra Bisnis yang Andal

Di era teknologi modern 4.0 saat ini, laptop memang menjadi sebuah kebutuhan penting untuk menunjang berbagai aktivitas sehari-hari. Meskipun sebenarnya sudah ada gawai seperti tablet atau smartphone, nyatanya para pebisnis/pekerja masih menggunakan laptop sebagai mitra mereka dalam bekerja.

Berdasarkan pengalaman saya sendiri bahwa bekerja dengan menggunakan laptop jauh lebih mudah dan praktis dibandingkan dengan menggunakan gawai semacam tablet/smartphone. Hal ini karena pada laptop ukuran layarnya lebar, tulisan mudah diketikan dan dilihat dengan mata, mencegah salah eja/typographical error, serta lebih efisien, praktis dan cepat dalam penggunaannya. Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap produktivitas kerja harian yang sedang dijalankan. Untuk urusan bisnis, laptop memang masih sering saya pakai sebagai senjata utama untuk bekerja.

Yang saya tahu, ada beberapa jenis laptop yang dijual di pasaran, yakni mulai dari laptop multimedia, notebook, laptop gaming, dan laptop mobile workstation.

Lantas Apa Itu Laptop Mobile Workstation?

Laptop mobile workstation yaitu laptop dengan performa tinggi baik dari segi kartu grafis maupun prosesor yang melekat di dalamnya. Seperti halnya dengan laptop gaming, maka laptop mobile workstation ini dapat dipakai oleh pekerja di bidang apapun termasuk di bidang bisnis sebab seringkali menggunakan software dengan kinerja tinggi untuk mendukung aktivitas pelaku bisnis misalnya pembuatan animasi/multimedia, desain grafis, programming, video editing, render video, analisis keuangan, dan lain sebagainya.

5 Alasan Mengapa Kita Perlu Memakai Laptop Mobile Workstation Untuk Bisnis?

Untuk menunjang kesuksesan dalam bisnis apapun itu, tentunya perangkat laptop yang dipakai tidak boleh sembarangan. Pastikan alat pacu yang bekerja pada mesin laptopnya harus andal. Oleh karena itu, setiap pebisnis harus mulai berbenah dengan menggunakan laptop mobile workstation di tempat kerja (perusahaan) yang mereka pimpin.

Tentunya ada beberapa alasan yang bisa dipertimbangkan bagi pelaku bisnis/usaha untuk memilih memakai laptop mobile workstation, karena:

#1. Tampilan Laptopnya Lebih Ringkas dan Berkelas

Memiliki laptop ringkas dan berkelas memang penting bagi seorang pebisnis. Laptop yang ringkas ini bisa terlihat dari beratnya yang masih dalam ukuran normal, ukuran layarnya yang lebar mudah dijangkau mata dan tidak menimbulkan kelelahan, tampilan laptopnya trendy dan modern mengikuti perkembangan zaman, mudah dibawa dan dipindahkan kemana saja sesuai kebutuhan, fleksibel dalam pengoperasiannya, mudah digunakan oleh semua orang, serta tidak mudah error saat dioperasikan oleh karyawan yang bekerja di satuan bisnis/perusahaan tertentu. Namun yang paling terpenting adalah laptopnya ringan dan juga tidak menyebabkan masalah kesehatan seperti sakit punggung akibat laptopnya terlalu berat saat dibawa.

Memiliki laptop berkelas juga penting bagi pelaku bisnis, baik itu pebisnis UKM/UMKM karena segala pekerjaan yang dilakukan akan semakin efektif, efisien, dan sesuai dengan target yang diharapkan. Laptop berkelas seperti mobile workstation ini bisa menjadi pilihan tepat untuk meningkatkan produktivitas kerja perusahaan.

#2. Ukuran Laptop dan Layarnya Lebar

Pada umumnya, laptop biasa/non-workstation mempunyai ukuran layar setidaknya 14 inc. Namun, hal ini tentunya berbeda dengan laptop mobile workstation yang mempunyai resolusi layar cukup besar, bisa 15 inc, 15,6 inc, bahkan bisa mencapai 17,3 inc full HD, resolusi maksimal mencapai 4K serta mendukung tampilan 8K dan HDR dengan menggunakan kabel yang terhubung ke DisplayPort 1.4 sehingga laptop ini jika diamati mempunyai ukuran/bentuk laptop yang lebih besar dibandingkan laptop lain pada umumnya.

#3. Alat Pacunya Berkinerja Tinggi

Laptop mobile workstation mempunyai kinerja alat pacu di dalamnya yang mampu bekerja secara klimaks sehingga menghasilkan produktivitas tinggi bagi para pelaku bisnis/usaha.

Umumnya, sudah disematkan prosesor generasi mutakhir terbaru, misalnya prosesor intel core generasi 8-10. Selain itu, ukuran RAM juga besar hingga 32GB DDR4 atau lebih, ROM mencapai 4TB, serta kartu grafis GPU Nvidia Quadro P2000. Memori yang tersematkan juga ukurannya tidak main-main, bisa jenis memori SuperSpeed mencapai 3200MHz, serta kapasitas memorinya hingga 128GB.

#4. Cocok Untuk Pekerja/Pebisnis Yang Menginginkan Laptop Yang Bekerja Powerful

Melihat ukuran laptop serta alat pacu di dalamnya yang berkinerja tinggi, tentu saja laptop mobile workstation ini sangat cocok digunakan bagi pekerja/pebisnis yang menginginkan laptop berkekuatan powerful. Sehingga pada akhirnya semua urusan bisnis dapat dirancang dan diselesaikan dengan baik. Karena laptop mobile workstation ini memang sangat cocok untuk pekerja/pebisnis di bidang multimedia, properti, arsitektur, digital marketing, desain grafis, animasi bergerak, pembuatan aplikasi, programming, video editing, dan ilustrator.

Bayangkan saja jika pekerja menggunakan laptop dengan spek yang rendah, tentu saja produktivitas kerja akan semakin lambat, sehingga akan menghambat dalam urusan bisnis. Bahkan yang lebih parahnya client atau konsumen dari bisnis akan meninggalkan bisnis kita karena pesanan mereka lama dikerjakan.

#5. Meningkatkan Profit Perusahaan Atau Bisnis Yang Sedang Kita Jalankan

Percaya atau tidak percaya bahwa selain Sumber Daya Manusia (SDM) di perusahaan yang harus profesional, juga gawai yang dipakaipun harus benar-benar berkelas. Hal ini tentu akan berbanding lurus dengan pencapaian bisnis yang didapat. Pekerja/karyawan yang memakai gawai/laptop dengan spek yang rendah sementara pekerjaan yang diembannya memerlukan gawai/laptop berkinerja tinggi, maka pada akhirnya produktivitas kerjanya akan semakin lambat. Selain itu, banyak waktu yang terbuang, tenaga dan pikiran juga terkuras.

Ada salah satu Laptop desain terbaik dan cocok sebagai mitra bisnis bagi teman-teman yang bergerak di bidang bisnis digital dan yang lainnya agar profit perusahaan semakin baik yaitu dengan menggunakan PC workstation HP dengan harga dan kualitas yang sebanding. Beberapa produk PC workstation HP yang bisa teman-teman coba pilih, misalnya adalah:

  • HP ZBook Power 15.6 inch G8 Mobile Workstation PC, dibandrol dengan harga mulai Rp.30.100.000 dan memiliki sisi keunggulan seperti 11th Generation Intel® Core™ i7 processor, Windows 10 Home 64, 16 GB DDR4-3200 MHz RAM (1 x 16 GB), 512 GB PCIe® NVMe™ TLC SSD, Intel® UHD Graphics, kartu grafis NVIDIA®️ T1200 (4 GB GDDR6 dedicated);
  • HP ZBook Firefly 14 G8 Mobile Workstation, dibandrol dengan harga Rp.26.850.000 di pasaran, tentunya didukung oleh banyak fitur yang super tangguh seperti terdapat 11th Generation Intel® Core™ i7 processor, Windows 10 Pro 64, 16 GB DDR4-3200 MHz RAM (1 x 16 GB), 512 GB PCIe® NVMe™ M.2 SSD, Intel® Iris® Xᵉ Graphics, beratnya mulai 1.35 kg, 14″ diagonal, FHD (1920 x 1080), IPS, anti-glare, 400 nits, dan 100% sRGB;
  • HP ZBook Power G7 Mobile Workstation, dibandrol dengan harga kisaran Rp.27.225.000,-, dengan kelengkapan fitur pendukungnya seperti 10th Generation Intel® Core™ i7 processor, Windows 10 Home Single Language 64 – HP recommends Windows 10 Pro for business, 16 GB DDR4-3200 SDRAM (1 x 16 GB), 1 TB PCIe® NVMe™ SSD, kartu grafis NVIDIA® Quadro® T1000 with Max-Q Design (4 GB GDDR6 dedicated), Starting at 1.89 kg, 15.6″ diagonal, FHD (1920 x 1080), IPS, anti-glare, 250 nits, 45% NTSC;
  • HP ZBook Firefly 14 G8 Mobile Workstation, memiliki desain yang apik, dibandrol dengan harga Rp.26.500.000,-. Memiliki fitur pelengkapnya seperti 11th Generation Intel® Core™ i7 processor, Windows 10 Pro 64, 16 GB DDR4-3200 MHz RAM (1 x 16 GB), 512 GB PCIe® NVMe™ M.2 SSD, NVIDIA® T500 (4 GB GDDR6 dedicated), Starting at 1.35 kg, 14″ diagonal, FHD (1920 x 1080), touch, IPS, anti-glare, 250 nits, 45% NTSC, 3 tahun masa garansi;
  • HP ZBook Studio x360 G5 Convertible Workstation, memiliki rancangan desain yang menawan, elegan, modern dan tentunya multifungsi untuk berbagai jenis urusan bisnis. Di pasaran seperti yang tertera di official website hp.com dibandrol dengan harga Rp.47.299.000,- dengan fitur-fitur modern pelengkapnya seperti Intel® Xeon® processor, Windows 10 Pro 64, 16 GB DDR4-2666 SDRAM (1 x 16 GB), 1 TB PCIe® NVMe™ SSD, NVIDIA® Quadro® P1000 (4 GB GDDR5 dedicated), Starting at 2.26 kg, HP Sure View 15.6″ diagonal FHD IPS eDP + PSR LED-backlit touch screen with Corning® Gorilla® Glass 4, 650 cd/m² (1920 x 1080), garansi mobile PC workstation selama 3 tahun, serta garansi baterai utamanya selama 1 tahun;

Pada akhirnya, dengan memakai laptop/PC mobile workstation untuk mendukung bisnis yang sedang dibangun, maka kinerja perusahaan akan berjalan lancar, efektif, efisien, serta hambatan kerja juga akan semakin berkurang sehingga efek ini tentu akan berpengaruh positif terhadap produktivitas karyawan/pekerja serta profit perusahaan. Apalagi perusahaan tersebut melibatkan perangkat laptop/PC untuk menunjang kegiatan bisnisnya, maka laptop workstation ini bisa menjadi pilihan tepat bagi pebisnis/pengusaha untuk saat ini dan masa yang akan datang.

*Sumber Referensi Pendukung Isi Tulisan dan Gambar Oleh: https://www.hp.com/.

Taggs:
33 Comments
  • Okti 8:39 pm 13 September 2021 Balas

    Semakin berkualitas semakin berharga ya. Saya pengen juga punya laptop workstation tapi melihat harganya Hem…. Saya coba tingkatkan skill nya dulu aja. Hehehe…

    • Wahid Priyono 3:29 pm 16 September 2021 Balas

      Iya kak Okti harganya emang mahal hehe, cuma kalo bisa punya bakalan seru tuh untuk menunjang kerjaan para creator…

  • Maria Soemitro 10:56 pm 13 September 2021 Balas

    impian saya banget punya laptop mobile workstation,

    harganya memang mahal, tapi ini kan aset untuk berproduksi

    bukan sekadar nonton drama korea 😀 😀

    • Wahid Priyono 3:30 pm 16 September 2021 Balas

      Iya betul kak, semua orang memang pengen punya mobile PC Workstation untuk menunjang aktivitas bisnis mereka kak supaya lebih efektif, efisien dan lebih menguntungkan.

  • Lithaetr 11:45 pm 13 September 2021 Balas

    Walaupun layarnya lebar, tapi terlihat tidak berat. Sudah pasti ada harga ada kualitas. Duh, semoga bisa memeluk satu diantaranya, aamiin

    • Wahid Priyono 3:31 pm 16 September 2021 Balas

      Betul kak, ada harga ada kualitas, pastinya akan ada banyak keuntungan yang didapatkan.

  • Supadilah S.Si 6:41 am 14 September 2021 Balas

    Laptop workstation emang andal karena buat kerja mobile. Secara spesifikasi emang mengagumkan. Harganya wajar sih. Ah, semoga punya. Hehe

    • Wahid Priyono 3:35 pm 16 September 2021 Balas

      Laptop workstation emang impian semua orang ya mas mudah2n nanti bisa terwujud,,aamiin.

  • Katerina 7:48 am 14 September 2021 Balas

    HP ZBook Studio x360 G5 paling berat ya, 2kiloan, udah kayak laptop gaming yang biasa aku ulas. Tapi wajar sih, layarnya juga gede. Bagus juga model flip, jadi fleksibel. Btw, port type-C nya ada ga mas? masing2 ada berapa?

    • Jamilatul Istiqomah 9:31 am 16 September 2021 Balas

      Semuanya bagus2 dan harganya pasti juga tinggi. Saya beli laptop yg sekuat duitnya aja dan sesuai kebutuhan, hnmm andai bisa bekerja dan penghasilan nya tinggi saya jg pengen beli laptop yg kualitasnya tinggi

    • Wahid Priyono 3:35 pm 16 September 2021 Balas

      Iya kak, setidaknya laptop gaming itu memang butuh space yang besar..

  • Lidia 8:37 am 14 September 2021 Balas

    Speknya bukan kaleng-kaleng yaa mas, keren banget memang laptop mobile workstation ini, untuk bisnis atau hobi nulis bisa banget diandelin. Jadi naksir deh sama laptop canggih gini.

    • Wahid Priyono 3:37 pm 16 September 2021 Balas

      Iya kak, hehe, keren ya laptop workstation

  • Lita Chan Lai 9:48 am 14 September 2021 Balas

    Laptop emang incaran aku banget dr dulu, dan pengennya sih yg spec tinggi, tapi apa daya kantong cuma bisa beli yg spec rendah. itupun benar yg dibahas diatas, jadi pasrah aja deh dg yg ada. doainlah, aku bisa beli laptop spec tinggi.

    • Wahid Priyono 3:45 pm 16 September 2021 Balas

      Aamiin kak, saya doain kk punya laptop Workstation..iya betul kak, spec laptop mobile workstation emang keren dan andal.

  • Annie Nugraha 11:39 am 14 September 2021 Balas

    Laptop mobile workstation memang daya dan kemampuannya lebih paripurna ya Mas. No wonder kalau pricing levelnya premium. Tapi menurut saya sesuailah dengan kelebihan-kelebihan performanya.

    • Wahid Priyono 3:47 pm 16 September 2021 Balas

      Iya betul kak Annie, Laptop mobile workstation emang daya dan specnya mumpuni banget dan semua orang mengharapkan laptop secanggih ini.

  • Ratna Kirana 3:11 pm 14 September 2021 Balas

    Naksir banget sih sama laptop kaya begini, bikin semangat kerja jadinya hehe, tinggal nabungnya nih untuk membeli, keren banget sih spek dan modelnya!

    • Wahid Priyono 3:48 pm 16 September 2021 Balas

      Iya kak, gawai yang sehat dan oke dipake memang pastinya mempengaruhi produktivitas kerja kita.

  • Mutia Ramadhani 3:14 pm 14 September 2021 Balas

    Suamiku software developer butuh banget dong ini ya Mas Wahid. Soalnya banyak banget aplikasi yang harus diinstall. Belum lagi laptop seharian dipakai buat meeting via zoom. Wuiiih, kebayang jam terbang dan performa laptopnya harus secanggih apa.

    Sebagai pengguna HP, aku naksir nih HP ZBook Firefly 14 G8 Mobile Workstation. Sekarang aku masih pake yang EliteBook 830 G6, lungsuran suami. Hihihi.

    • Wahid Priyono 3:49 pm 16 September 2021 Balas

      Beruntung ya kak Muthe (suami istri) bisa melek teknologi terkini…

  • Heizyi 11:49 pm 14 September 2021 Balas

    Kalau zenbook mah gak perlu diragukan lagi ya pak.

    Tapi haragnya lumayan tuh yang i7 hehe

  • Iwan Hendrawan 6:01 am 15 September 2021 Balas

    Kayanya asyik ngeblog kalau pakai laptop mobile workstation, ngeblog bisa lancar dan cepet selesai

    • Wahid Priyono 3:51 pm 16 September 2021 Balas

      Iya betul kak Iwan, laptop mobile workstation memang bagus untuk konten creator dan juga pelaku bisnis UKM/UMKM. Kinerja jadi lebih efektif, efisien dan lebih menguntungkan.

  • Arni 12:04 am 16 September 2021 Balas

    Wow tampilan laptop mobile workstation ini langsung menarik perhatian sejak pandangan pertama deh
    Terkesan mewah dan eksklusif ya
    Kualitasnya gak diragukan lagi deh. Pasti asik buat kerja nih

    • Wahid Priyono 3:51 pm 16 September 2021 Balas

      Iya kak tampilan laptop mobile workstation ini emang menarik dan specnya juga oke kak. Keren nih.

  • Dyah ummu AuRa 8:45 am 16 September 2021 Balas

    Ya ampun penasaran banget dengan HP ZBook Studio x360 G5 Convertible Workstation ini, harganya itu loh udah bisa beli 2 motor. pasti deh kualitasnya juara. Pengen punya, solanya suami dan aku sama-sama kerja yang membutuhkan laptop. tapi harganya aduhai.. yo wes shalawatin dulu aja deh.

    • Wahid Priyono 3:53 pm 16 September 2021 Balas

      Iya kak kualitasnya tentu juara dengan laptop HP harga semacam itu. Cocok untuk pebisnis, blogger, dan content creator.

    • Susindra 4:23 pm 16 September 2021 Balas

      Sementara memang baru bisa memimpikannya, tapi semoga tahun depan sudah bisa di tangan ya Mbak. Memang lumayan sih harganya. Tapi sebanding dengan kualitasnnya

      • Wahid Priyono 6:00 pm 17 September 2021 Balas

        Iya kak betul sekali, harga dan kualitas memang bisa diuji ya, mudah2an impian kak Susi tercapai untuk mendapatkan laptop berspek tinggi ini. Aamiin.

  • Susindra 3:19 pm 16 September 2021 Balas

    Kadang saya heran kenapa laptop (atau HP) berperforma tinggi selalu juga menekankan bisa untuk gaming.
    Hehehe. Malah gitu komentarnya.
    Btw, iya sih, kalau memang mampu saya lebih suka beli dan pakai laptop mobile workstation karena 1 untuk semua pekerjaan. jadinya pekerjaan akan lebih cepat selesai

    • Wahid Priyono 3:55 pm 16 September 2021 Balas

      Betul kak, laptop mobile workstation ini emang cocok untuk mengcover semua kerjaan kak. Lebih cepat selesai karena tanpa ngehang kalau membuka aplikasi yang kinerjanya tinggi.

Write a comment