Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

6 Makanan Wajib Buat Kamu yang Hobi Badminton

7 April 2021 Health
6 Makanan Wajib Buat Kamu yang Hobi Badminton

Selain fokus pada skill bermain dan fisik, makanan juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan seorang pemain (atlet) maupun efisiensinya ketika berada di lapangan lho.

Nah, pada postingan kali ini saya akan membahas beberapa jenis makanan wajib buat para badminton lovers maupun seorang pemain badminton tulen. Apa sajakah jenis makanan yang bisa dikonsumsi?

#1 Pisang – Merawat Otot dan Meningkatkan Konsentrasi

Kalo kamu yang sudah nge-gym maka pastinya kamu sering konsumsi buah pisang. Tapi ternyata pisang juga bisa dikonsumsi saat kamu berolahraga badminton.

Buah pisang mengandung zat gizi penting seperti Kalium (K) dan Magnesium (Mg) yang berfungsi untuk merawat otot dan mencegah kram. Selama berolahraga, tubuh kita akan kehilangan Kalium melalui keringat dan aktivitas fisik yang lama juga dapat mengurangi kadar Kalium secara drastis. Selain itu, pisang juga mengandung vitamin K yang dapat meningkatkan konsentrasi kamu saat bermain.

Selain itu, konsumsi buah pisang juga sangat bagus bagi seorang atlet karena dapat membuatnya kenyang selama 90 menit lebih (untuk 1 buah pisang ukuran besar).

#2 Brokoli – Sumber Vitamin

Brokoli mengandung mikronutrien, vitamin, mineral dan antioksidan. Manfaat brokoli antara lain: menurunkan berat badan, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah kanker, mendetoksifikasi tubuh, menjaga kesehatan jantung, kulit, serta mengatur tekanan darah hingga menjaga kesehatan mata karena kaya akan vitamin A. Vitamin A ini sangat penting bagi seorang atlet badminton untuk lebih tajam ketika melihat datangnya bola dari lawan saat bertanding.

#3 Dark Chocolate – Sumber Kalori Instan+Meningkatkan Stamina Tubuh

Dark chocolate itu penuh dengan kalori (sumber energi) dan bisa memberikan energi yang cukup untuk bermain dengan hanya mengonsumsi DC ini sebanyak 5 gram saja (ingat minum air putih juga).

DC juga dapat menghilangkan rasa stres serta kelaparan dalam waktu kurang lebih 15 menit setelah konsumsi. Itulah mengapa ada beberapa atlet badminton yang ketika sedang bertanding di sela waktu jedah mereka mengonsumsi cokelat atau buah pisang.

Selain itu, DC juga dapat menurunkan tingkat konsumsi oksigen yang artinya meningkatkan stamina kamu saat bertanding.

#4 Kacang Merah – Meningkatkan Performa+Merawat Otot dan Jantung

Jika kamu sedang bersiap-siap untuk bermain dalam sebuah pertandingan panjang, maka konsumsi kacang merah merupakan sebuah pilihan tepat untuk kamu. Sebab, kacang merah mengandung Kalium, serat, protein, serta nutrisi lainnya yang dapat menjaga kesehatan jantung kamu, merawat otot, dan meningkatkan performa permainan yang lebih antusias.

Konsumsilah kacang merah ini 3 jam sebelum permainan, sebab mikronutrien dari kacang merah ini membutuhkan waktu tersebut untuk terserap dengan baik di tubuhmu.

#5 Beras Coklat/Brown Rice – Meningkatkan Endurance/Daya Tahan Dalam Permainan

Beras cokelat akan memberikan kamu lebih banyak energi dibandingkan beras putih. Selain itu, beras coklat mampu meningkatkan metabolisme tubuh, membantu meningkatkan fungsi jantung, penglihatan, menghindari masalah pernapasan, kelelahan, dan mampu memperbaiki daya tahan (endurance) selama permainan berlangsung.

Tentu kamu sudah tahu kan kegunaan endurance/daya tahan bagi seorang pemain/atlet dalam permainan badminton?

#6 Kacang Almond – Merawat Jantung+Menghilangkan Kelelahan

Kacang almond mengandung lemak sehat ketika dikonsumsi dapat meningkatkan daya tahan kamu serta menghilangkan kelelahan walaupun dalam tempo permainan yang cukup panjang.

Kacang almond juga menjadi pilihan makanan bagi banyak atlet/pemain badminton karena selain manfaatnya yang bagus juga kemudahan untuk dibawa ke lapangan dan dikonsumsi di lapangan layaknya seperti cokelat dan buah pisang.

Dari keenam makanan ini, kamu paling suka yang mana?

Sumber Referensi:

  • Achadi, E. L. 2007. Gizi dan Kesehatan Masyarakat. Depok: Departemen Gizi dan Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.
  • Almatsier, S. 2001. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: PT. Gramedia   Pustaka Utama.

Taggs:
21 Comments
  • Wahid Priyono 9:38 am 7 April 2021 Balas

    Bermain badminton memang membutuhkan banyak energi, dan tentunya makanan akan berpengaruh terhadap endurance seorang pemain/atlet. Jadi tetap persiapkan nutrisi sebelum bertanding ya teman2. Tetap stay healthy!

  • Dian Restu Agustina 1:00 pm 7 April 2021 Balas

    setuju, persiapkan nutrisi sebelum bertanding ataupun berlatih badminton diantaranya dengan makanan yang mengandung banyak vitamin yang juga baik untuk otot, konsentrasi dan lainnya. Diantara ini aku suka dark chocolate..

    • Wahid Priyono 10:13 pm 7 April 2021 Balas

      Sama kak Dian, aku juga suka dark cokelat 🙂 manis2nya lembut..

  • Mutia Ramadhani 2:43 pm 7 April 2021 Balas

    Waaaaa, tulisan Mas Wahid ini kudu dibaca Mas Arigetas nih. Doi hobi banget badminton. Wkwkwk. Pada dasarnya gak cuma yang main badminton saja bisa makan semua ini ya, kita yang gak hobi pun boleh, bergizi banget soalnya.

    • Wahid Priyono 10:14 pm 7 April 2021 Balas

      Insya Allah entar ku-Wapri mas Arigetas haha 🙂 sama2 badminton lovers harus baca ini ya kan? hehe

      • Mutia Ramadhani 11:56 am 10 April 2021 Balas

        Dirimu hobi badminton juga Mas Wahid? Aku dulu sempat ikut turnamen di fakultas kampusku. Lumayan, juara dua. Ihir.

        • Wahid Priyono 5:08 pm 10 April 2021 Balas

          iya mbak. hobi banget hehe. sehobi ya kak kita hehe

  • Hendra Suhendra 8:41 pm 8 April 2021 Balas

    Pantesan teman-teman di gym, kalo ngemil kebanyakan bawa buah pisang, karena banyak sekali manfaatnya, terutama saat digunakan di tengah aktivitas yang padat, salah satunya saat berolahraga. Saya juga suka pisang, memang betul setelah makan pisang, bikin awet kenyang.

    Saya suka semua makanannya. Bahkan brokoli dan kacang merah, pernah saya makan hanya direbus saja, wuih, kenyangnya awet banget…

    Kalau disuruh milih, saya pilih pisang cavendish (merek Sunpride).

    • Wahid Priyono 8:51 pm 8 April 2021 Balas

      Iya betul sekali ya kak Hend..buah pisang memang bikin perut kenyang karena mengandung gula buah (fruktosa) yang cepat diserap oleh tubuh sehingga menghasilkan energi. Konsumsi 1 buah pisang ukuran sedang bisa 90 menitan bertahan di lapangan.

  • Benny Chandra 9:10 pm 8 April 2021 Balas

    Sgt bermanfaat min… Bisa dicoba konsumsi nih Krn sy jg hobi olahraga

    • Wahid Priyono 5:13 pm 4 Oktober 2021 Balas

      Wah keren kak, ayok olahraga biar tubuh sehat. Jangan lupa makanannya juga harus bergizi seimbang.

  • Erly Damayanti 8:06 am 9 April 2021 Balas

    Saya penggemar pisang nih, ternyata bagus juga buat stamina para pemain bulu tangkis ya, kandungan vitaminnya juga memang bagus banget

    • Wahid Priyono 7:43 am 10 April 2021 Balas

      Iya kak, bagus banget, karena gula buah (fruktosa) pada buah pisang akan lebih cepat dicerna oleh lambung dan diserap oleh usus halus dan cepat menghasilkan energi.

  • Waode_1453 7:53 pm 10 April 2021 Balas

    Aku tim dark coklat dan almond. Makanan favorit yang ternyata sangat bermanfaat untuk tubuh.

    • Wahid Priyono 5:12 pm 4 Oktober 2021 Balas

      Iya betul kak, enak ya makan dark coklat dan almond 🙂

  • Andayani Rhani 1:00 pm 12 April 2021 Balas

    pass banget akhir-akhir ini saya suka main badminton, kalau makanan favorit saya dalam list ini tetap dark coklat dan kacang almond hehehe

  • Nur Asiyah 8:09 pm 12 April 2021 Balas

    Wah, sebagian besar makanannya dari tumbuh-tumbuhan ya kak. Memang memiliki banyak manfaat untuk menambah energi dan gizi.

  • duniamasak 10:19 am 15 April 2021 Balas

    wah mantap! stay safe and stay healthy untuk para atlit 😀

Write a comment to Benny Chandra Cancel Reply