Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Blogger

Web Designer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

Inilah Deretan Peluang Usaha Online yang Menjanjikan Tahun 2021, Kamu Sudah Coba yang Mana?

30 April 2021 Bisnis Online

Memulai bisnis/usaha online di tahun 2021 memang punya tantangan sendiri karena pandemi masih menghantui bayang-bayang semua orang termasuk pelaku bisnis untuk bertahan dan bangkit selama pandemi COVID-19. Kisah hancur dan remuknya pengusaha dan pelaku bisnis UMKM mungkin pernah ya kita dengar di awal-awal pandemi COVID-19 muncul, dan seolah semua orang menjadi khawatir akan masa depan dirinya dan bisnisnya.

Namun, seiring dengan perjalanan waktu, maka pandemi COVID-19 di Indonesia mulai berkurang, serta vaksinasi COVID-19 mulai gencar dilakukan oleh pemerintah untuk orang-orang yang bekerja di instansi/lembaga pemerintahan, guru, dosen, bahkan pedagang yang ada di pasar juga menjadi target vaksinasi COVID-19 dalam waktu dekat ini. Saya sendiri pun sudah divaksinasi COVID-19 tahap satu, dan untuk vaksinasi tahap dua yaitu dijadwalkan pada 20 Mei 2021. Semoga lancar vaksinasi tahap ke-2 berikutnya.

pengalaman saya vaksinasi covid 19
Dokumentasi pribadi: pengalaman saya vaksinasi COVID-19 di rumah sakit Natar Medika bersama rekan-rekan guru di sekolah SMA Yadika Natar.

Mudah-mudahan saja dengan adanya vaksinasi COVID-19 ini semua badai pandemi segera berlalu dan semua aktivitas semua orang kembali normal. Karena kita menginginkan kondisi semakin membaik, kesehatan semakin baik, serta yang paling penting roda pergerakan perkonomian nasional semakin membaik sehingga harga-harga di pasaran tetap stabil seperti sebelum terjadinya pandemi. Selain itu, pengangguran perlahan makin berkurang dan semua orang mudah dalam mencari kerja atau memulai bisnis di tahun 2021 untuk mencari rezeki demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Untuk memulai bisnis di tahun 2021, ada banyak peluang bisnis yang bisa dicoba, siapa tahu cocok dan mendatangkan cuan kan? yuk, lihat saja peluang bisnisnya apa saja, check it out:

#1 Green Jobs

Bisnis/usaha green jobs ini memang cukup menjanjikan saat ini, mengingat pekerjaan ini bisa digeluti oleh semua orang termasuk orang yang tak punya modal banyak. Green Jobs menurut ILO (International Labour Organisation) merupakan lambang dari pekerjaan yang ramah lingkungan dan beretika serta menjadi semangat bagi semua negara untuk menjalankan perekonomian berkelanjutan tanpa merusak lingkungan hidup. Karena bagaimanapun juga bisnis/usaha yang kita lakukan harus tetap memperhatikan etika dan cara-cara bijak kelola lingkungan dengan sebaik-baiknya. Yuk mulai bisnis tanpa merusak lingkungan demi bumi kita yang lebih baik dan segar.

Adapun contoh pekerjaan ramah lingkungan (Green Jobs) seperti yang saya kutip dari situs coaction.id antara lain sebagai berikut:

  • Ecopreneur;
  • Eco Design Architect;
  • Eco Fashionpreneur;
  • Electric Car Technician;
  • Energy Startup;
  • Organic Foodpreneur;
  • Solar Panel Technician;
  • Urban Farmer;
  • Waste Management Startup;
  • dan masih banyak yang lainnya.

Kalau saya sendiri biasanya melakukan green jobs dengan menanam tanaman apotek hidup seperti jahe, kunyit, kencur, laos, dll di samping rumah. Saya misalnya menanam jahe di wadah pot polybag dan hasil panennya luar biasa, karena selain bisa dikonsumsi sendiri, maka saya juga bisa menjualnya di pasar. Luar biasa ya. Karena harga jahe di daerah saya cukup tinggi, misalnya jahe gajah bisa terjual dengan harga 50-75 ribu per kilogramnya. Cukup lumayan bukan untuk tambahan uang harian selama pandemi COVID-19 saat ini.

Dokumentasi pribadi: Green Jobs Jahe yang saya lakukan di sekitar rumah yaitu menanam jahe di wadah pot polybag.

#2 Content Writer dan Freelancer

Saat ini pekerjaan sebagai content writer dan freelancer mulai berkembang di Indonesia. Pekerjaan semacam ini bisa dilakukan dengan waktu yang fleksibel. Content writer merupakan karir yang bergerak di bidang jasa tulis-menulis. Biasanya seorang content writer ini akan mengerjakan proyek-proyek kepenulisan dari perusahaan/instansi/lembaga, kantor berita, media berita online, pengisi tulisan di website-website yang membutuhkan jasanya.

Sementara itu, freelancer mengerjakan proyek-proyek pekerjaan misalnya penulis lepas, editor online, jasa arsitek, jasa desain grafis, fotografer freelance, kursus online, dan masih banyak yang lainnya. Dan untuk bayaran dari seorang content writer dan freelancer ini cukup menjanjikan dan sesuai kesepakatan.

#3 Jadi Youtuber, Blogger, dan Pengembang Aplikasi Online/Google Play Store

Banyak sekali anak-anak muda nan milenial yang menggandrungi pekerjaan di bidang video creator melalui chanel youtube, menjadi blogger dan pengembang aplikasi online. Dari pekerjaan mereka ini, tentu saja mereka bisa berpeluang memperoleh penghasilan, misalnya dari Google AdSense, content placement, kerjasama endors, tawaran kerja di perusahaan, dan masih banyak yang lainnya.

#4 Web Designer (Programer)

Menjadi web designer memang sepertinya pekerjaan yang berpotensi besar menghasilkan pundi-pundi rupiah. Untuk menekuni usaha online sebagai web designer memang butuh keterampilan khusus yakni mampu mengoperasikan kode-kode pemrograman komputer berbasis html java script, CSS, PHP, dan lain sebagainya. Namun, jika kamu tertantang dan ingin menjadi web designer kamu juga bisa melakukan kursus terlebih dahulu baru setelah itu bisa membuka usaha online di bidang web designer ini.

#5 Konsultasi SEO dan Jasa Pembuatan Website/Blog

Kebutuhan perusahaan/e-Commerce untuk menampilkan halaman website mereka di halaman terbaik Google Penelusuran (Search Engine Google), maka membutuhkan jasa penulis konten yang SEO friendly, sehingga butuh juga orang-orang yang mampu menguasai teknik Search Engine Optimization (SEO).

Selain itu, perusahaan/instansi/lembaga bahkan orang-orang yang bergerak di bidang bisnis UKM/UMKM saat ini telah mengerti bahwa memiliki website bisnis itu sangat penting sekali untuk menunjang engagement bisnis agar menghasilkan profit yang sebanyak-banyaknya. Nah, kamu juga penting bisa menjadi pakar/praktisi SEO dan membuka jasa konsultasi SEO maupun pembuatan website. Untuk harga bisa dikomunikasikan dengan client kamu.

#6 Bisnis Tanaman Hias dan Tanaman Buah-Buahan

Dokumentasi pribadi: Jual bibit tanaman buah seperti alpukat, dll di toko offline/online pribadi di https://toko.tipspetani.com/

Bisnis tanaman hias dan tanaman buah-buahan sangat popuper dan ngehits di tahun 2021 ini. Banyak orang yang berbondong-bondong membeli bibit secara online baik melalui marketplace ataupun di toko-toko pertanian dari petaninya langsung. Saya juga membuka usaha bibit tanaman buah yang beralamat di https://toko.tipspetani.com/, dan hasilnya cukup lumayan karena setiap hari ada yang pesan bibit dan berhasil memperoleh cuan dari hobi yang dibayar. Nah, cara saya yang cukup manjur agar cepat closing adalah tingkatkan SEO website toko online dan sinkronisasikan antara website penjualan dengan link WA bantuan, siapa tahu ada yang mau pesan bibit jadi mereka tinggal mencet tombolnya saja, dan tentu langsung terhubung dengan WA kita. Sehingga lebih praktis !

Dokumentasi pribadi: Chat saya dengan pelanggan/client melalui aplikasi WhatsApp yang terintegrasi dengan website penjualan bibit yang saya bangun.

Untuk memulai usaha bibit tanaman buah maupun bibit tanaman hiasa bisa dengan cara dropship, bagi hasil dengan petani langsung, dengan cara mandiri juga bisa dilakukan dan tentunya modal bisa disesuaikan dengan bisnis yang sedang dijalankan.

#7 Bisnis Buah-Buahan dan Makanan

Saat bulan suci Ramadhan ini, kebutuhan atas makanan dan minuman untuk berbuka dan sahur cukup tinggi, dan permintaan pasar juga tidak main-main. Bagi orang yang mau bergerak di peluang bisnis/usaha buah-buahan/makanan ini cukup menjanjikan. Oya, pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung saat ini juga menganjurkan semua orang untuk makan makanan bergizi, olahraga, atur/kelola stress dengan baik, banyak istirahat dan makan buah. Buah-buahan merupakan sumber vitamin dan mineral, serta kaya kandungan air yang bagus untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Dengan alasan inilah, maka usaha online/offline buah-buahan dan makanan juga bisa kamu coba saat ini. Jika kamu tertarik, yuk mulai saja dari sekarang, semangat pasti bisa !

#8 Bisnis Usaha Rumahan dan Jual Di Marketplace/Toko Online Sendiri

Dokumentasi pribadi: Keluarga saya jual es teler AA di alun-alun kota dan cukup menguntungkan.

Peluang melebarkan sayap untuk bisnis rumahan cukup terbuka lebar. Bahkan bisnis/usaha rumahan seperti jualan bakso, pecel lele, es campur, es teler, jualan gorengan (bakwan, tahu bunting, empek-empek), dll bisa dionlinekan di toko online sendiri dengan mendaftarkan domain dan hosting dari profil bisnis di Exabytes Indonesia. Karena dengan mempunyai domain dan hosting (website) produk toko online sendiri maka hal ini akan mendukung bisnis rumahan yang sedang digeluti. Dan bisnis rumahan lainnya juga bisa ter-cover dengan baik melalui pengelolaan website toko online sendiri. Karena zaman semakin canggih maka penggunaan website untuk bisnis adalah hal penting di era digitalisasi modern saat ini.

Oya, contohnya saja keluarga saya membuka usaha online dan offline es teler yang diberi nama brand tokonya yaitu “ES TELER AA” dan sering mangkal di alun-alun kota dan menerima orderan secara online dari pelanggan setia untuk berbagai keperluan seperti acara resepsi pernikahan, khitanan, acara seminar, reuni, buka puasa, dll. Tentunya usaha rumahan sangat berpeluang bagus ya kan untuk tambahan penghasilan sehari-hari selama pandemi COVID-19.

Dokumentasi pribadi: Es Teler AA, bisnis rumahan keluarga saya.

#9 Jadi Distributor Sembako dan Menjualnya Di Toko Sendiri

Bisnis toko sembako akhir-akhir ini jadi bisnis yang ngetrend di tahun 2021. Bisnis ini bisa dilakukan di rumah atau bisa dilakukan secara online baik di group-group emak kompleks, atau dijual online di toko website sendiri juga prospeknya bagus sekali.

Adapun contoh jenis-jenis sembako yang bisa dijual misalnya beras, gula pasir, teh, kopi, pipilan jagung, kedelai, dan masih banyak yang lainnya. Nah, kamu jika punya modal tentunya bisa mencoba usaha sembako, siapa tahu cocok dan betah ya kan?

#10 Bisnis Ikan Hias dan Ikan Konsumsi

Bisnis ikna hias dan ikan konsumsi cukup ngehits di tahun 2021. Bahkan, ada ikan hias seperti cupang dijual mulai dari ratusan ribu, jutaan, puluhan juta hingga ratusan juta. Luar biasa ya bisnis ini, gak maen-maen karena targetnya penjualan bisa dari kalangan orang luar negeri atau di dalam negeri.

Oya salah satu teman bermain badminton saya yang bernama Kurniawan Slamet juga sempat membuka usaha online ikan konsumsi yaitu ikan gabus, dia juga menjual bibit ikan gabus di seluruh daerah yang masih di lingkup provinsi Lampung. Katanya nih, bisnis ikan gabusnya itu semakin berkembang pesat dari hari ke harinya. Nah, nih boleh dan patut dicontoh karena ada kemandirian untuk bisnis/usaha rumahan yang menghasilkan. Luar biasa ya kan?

Nah, jika kamu tertarik dengan bisnis rumahan ini maka kamu bisa mengambil peluangnya saat ini, mudah-mudahan bisa mengcover bisnismu dalam jangkan pendek dan jangka panjang.

#11 Bisnis Pulsa/Kuota Internet

Selama pandemi COVID-19 ini, maka banyak tenaga pendidik (guru/dosen), pelajar, kaum pekerja kantoran maupun mahasiswa banyak yang bekerja dari rumah (Work From Home/WFH) dan tentu saja untuk menunjang tugas-tugas daring pelajar maka mereka membutuhkan kuota internet untuk belajar dari rumah. Maka, dengan adanya peluang yang cukup lebar ini, maka kamu penting sekali mencoba bisnis jualan pulsa/paket kuota internet.

Untuk masalah modal berdasarkan informasi dari teman-teman saya yang juga membuka konter pulsa/kuota internet cukup terjangkau. Dan untuk promosi jualan pulsa ini sebenarnya bisa dilakukan kecil-kecilan membuat banner lalu ditempel di tembok konter, atau membuat website penjualan pulsa, dll.

#12 Jasa Percetakan dan Design Grafis

Di komunitas MABAR Badminton, saya punya teman namanya adalah “Chris”, dia membuka usaha percetakan banner, dan menjual berbagai macam produk design grafis di akun instagramnya @kufikrislampung, dengan berbagai macam cetak undangan, mug custom, kalender, banner, pernak-pernik untuk mengisi ruangan seperti bingkai foto, kaligrafi, dll. Pokoknya yang dijualnya banyak banget.

Jika kamu punya skill design grafis, editing video, dan cetak mencetak banner dll, maka tidak ada salahnya untuk mencoba peluang bisnis/usaha online dan offline ini di tahun 2021 dan seterusnya. Hal ini karena permintaan pasar untuk produk-produk menarik yang didesain sedemikian rupa sangat disukai banyak orang.

#13 Jasa Laundry

Bisnis jasa laundry di tahun 2021 ini juga masih tetap booming dan menjanjikan, karena semua orang pekerja sibuk/kantoran kadang ingin semuanya serba instan dan praktis termasuk dalam hal mengurusi pakaian kotor. Mereka lebih memilih kadang harus terselaikan di jasa laundry, terutama untuk barang-barang yang mudah kotor seperti sepatu, baju, celana dalam (CD), kaus kaki, tas, dan lain sebagainya. Jika kamu mau mencoba usaha laundry juga bisa, dan cara promosinya bisa melalui website pribadi, website bisnis atau di sosial media tiktok, IG, FB, WA, dll. Karena zaman sudah berubah serba digital, jadinya kita juga harus mengikuti perkembangan zaman yang terjadi. Jika tidak beradaptasi dengan perubahan zaman, maka bisnis yang dilakukan bisa punah.

#14 Food Photografer

Saya juga punya teman namanya mbak Heni Puspita, ia adalah seorang blogger dan penyedia jasa foto produk Lampung (food photografer). Ia sering mendapatkan klien dari pengusaha di bidang kuliner, pariwisata atau hotel yang ingin menggunakan keahlihannya dalam hal foto memfoto makanan atau minuman. Cukup menarik dan menjanjikan ya peluang usaha foto produk untuk kamu yang suka dan hobi fotografer.

#15 Bisnis Pakaian dan Aksesorisnya

Lebaran bentar lagi datang, hayo siapa yang sudah beli baju lebaran? Nah, di tahun 2021 ini cocok banget jika teman-teman membuka usaha online jual pakaian dan aksesorisnya. Sebenarnya bisnis ini cukup terjangkau karena minim modal yang dipakai, jadi tidak perlu ragu lagi untuk mencoba usaha rumahan ini yang mudah dalam pemasarannya baik secara online maupun secara offline. Pemasaran offline misalnya dengan menjualnya kepada rekan-rekan kerja, tetangga, atau teman lama. Cukup mudah bukan, dan kamu patut mencobanya ya, oke?

#16 Bisnis Ayam, Burung, Entok dan Bebek

Jangan salah ya teman-teman, bahwa bisnis/usaha rumahan seperti ayam katek, ayam kampung, entok maupun bebek sedang hits lho di tahun 2021 ini. Karena ketiga hewan ini paling banyak dicari di tahun 2021 karena daging dan telurnya dipakai untuk bahan baku kuliner baik di resto, cafe-cafe, warung makan, dan tempat-tempat wisata yang menyediakan santapan kuliner di dalamnya.

Dokumentasi pribadi: Bisnis ayam katek tetap menjanjikan.

Selain itu, ayam jago juga banyak dijual dengan harga yang cukup fantastik bagi penggemarnya. Termasuk burung-burung hias misalnya love bird, burung dara/merpati, (tapi bukan jual satwa yang dilindungi oleh pemerintah lho) juga bisa kamu coba sebagai peluang bisnis online dan offline di tahun 2021 ini.

Untuk mendukung suksesnya bisnis UKM/UMKM dan bisnis/usaha rumahan di masa transisi COVID-19/new normal di atas, maka sebagai pelaku usaha/bisnis perlu melakukan rencana pemasaran bisnis yang tepat yakni para pelaku UKM/UMKM harus sudah mulai berani meng-online-kan bisnisnya bersama Exabytes Indonesia, yang artinya bahwa pemasaran bisnis dilakukan secara online dengan Membuat Website yakni dengan memilih paket Beli Hosting Gratis Domain di Exabytes Indonesia guna menciptakan website yang memiliki banyak manfaat bagi client/konsumen, sehingga penjualan akan semakin lancar, profil bisnis di website semakin dikenal oleh banyak orang sehingga pada akhirnya cuan-lah yang akan didapatkan. Kamu tertarik untuk memiliki website untuk mendukung bisnismu?, makainya yuk segera daftarkan profil usaha/bisnismu dengan Exabytes Indonesia.

Terakhir sebagai harapan saya, semoga dengan teman-teman mengonline-kan bisnis teman-teman bersama Exabytes, maka teman-teman pelaku bisnis usaha rumahan, bergerak di bidang jasa atau apapun itu bisnisnya, semoga semakin lancar jaya bisnis yang dikelolanya, sehingga produk/jasa yang teman-teman jual akan semakin terkenal dan meningkatkan omset bisnis ke depannya. Selain itu, mudah-mudahan bisnis akan terus tumbuh dan berkembang sesuai harapan dan tentunya mendapatkan keuntungan bisnis yang banyak dan berkah. Sekian pembahasan deretan peluang usaha online yang sedang hits di tahun 2021 dengan modal terjangkau dan tentunya menjanjikan untuk dicoba. Terima kasih.

Sumber Referensi Pendukung:

  • Beberapa sumber materi, foto/logo oleh Exabytes Indonesia, tersedia secara online di situs https://www.exabytes.co.id/.
  • Beberapa foto yang tercantum di dalam artikel hasil dokumentasi pribadi dari penulis sendiri.
  • Beberapa embed Instagram oleh akun @henipuspita29, @kufikrislampung dan @kurniawan_slamet_.

*Artikel ini telah 100% lulus copyscape dan diikutsertakan dalam ajang lomba blog “Exabytes Blog Competition Season 2” pada tahun 2021.

Taggs:
73 Comments
  • Avatar
    Moch. Ferry 1:26 pm 1 Mei 2021 Balas

    Mantap mas wahid jiwa enterpreunership menjadi termotivasi setelah mendapatkan ide dan referensi yang mengulas ini.

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 7:15 am 2 Mei 2021 Balas

      Setuju kak Ferry, bahwa jiwa enterpreneur memang harus terus diasah untuk melatih diri bisa berbisnis walaupun skalanya kecil, menengah maupun bisnis besar.

      • Avatar
        Laela Dzuhria Wahyudo 3:26 pm 5 Mei 2021 Balas

        Aku mending fokus d no 2 dn 3 deh.. hehhehe. Dl pernah di no 15 tp anak jadi g kepegang krn sibuk balas chat cust. Tp memang menjajikan sekali, br pemula saja pendapatan bersih sudah ratusan ribu. Tp namanya hidup harus memilih. Ya sudah pilih yang santai saja. Dan terpenting anak tetap terawasi.

        • Wahid Priyono
          Wahid Priyono 8:21 am 6 Mei 2021 Balas

          Iya yang penting bisnis juga harus tetap memperhatikan kehidupan keluarga juga ya kak, hehe…. sukses untuk bisnis kakak ya..

    • Avatar
      Moch. Ferry 12:30 pm 5 Mei 2021 Balas

      Inspirasi mandiri melalui usaha di masa pandemi

  • Avatar
    Slamet kurniawan 2:03 pm 1 Mei 2021 Balas

    Yupsss bener banget, di era digital sekaligus di musim pandemi seperti saat ini kita musti kreatif mengembangkan skill dan kemampuan kita. 16 usaha di atas perlu di coba, tentunya dengan cara yg tepat dan promosi yang tepat pula. Saya sebagai petani gabus lampung sangat merasakan manfaatnya dan terbukti bisa membantu perekonomian pribadi dan juga sesama. Salam sehat dan sukses buat kita semua.

    • Avatar
      Nurul Sufitri 11:18 pm 1 Mei 2021 Balas

      Halo, Mas Wahid 😊 Wah, memang deh di zaman sekarang kita makin leluasa berbisnis yang bersahabat dengan alam/tanaman..Apalagi makin hits sampai berjuta2 harganya. Kerja di rumah seperti content writer dll bisa makin dikembangkan dengan mengijuti pelatihan online dll agar update terus skill-nya.

      • Wahid Priyono
        Wahid Priyono 7:10 am 2 Mei 2021 Balas

        Iya betul kak Nurul, update skill untuk mencari peluang bisnis online saat ini memang banyak sekali nih, tinggal kitanya mau atau tidak… 🙂

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 7:14 am 2 Mei 2021 Balas

      Hallo kak Slamet, juragan gabus Lampung dateng nih dipostingan saya,,hehe….apa kabar juragan gabus? mudah-mudahan usaha online gabusnya makin sukses lancar ya kak 🙂

      • Avatar
        Dhenok Hastuti 1:41 pm 2 Mei 2021 Balas

        tahun ini saya nyerah, kang.
        setelah resign pekerjaan di th 2014 dan memutuskan full jadi freelancer, tahun ini saya nyerah. terima kembali kerjaan full timer. berat euy dampak pandemi tahun kemarin. tp usaha mandiri tentunya terus diusahakan. perlu ancang2 kembali.

    • Avatar
      Okti Li 3:16 pm 5 Mei 2021 Balas

      Ternyata banyak juga ya macam pekerjaan yang bisa dilakukan saat pandemi dan modern seperti sekarang ini.
      Saya lebih condong ke yang fleksibel bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga di rumah aja kali ya, seperti content writer, dan content creator…

      • Wahid Priyono
        Wahid Priyono 8:22 am 6 Mei 2021 Balas

        Iya betul sekali kak Okti, peluangnya banyak sekali ya pekerjaan/usaha online ini tinggal tergantung kitanya masing2, mau menekuni usaha atau tidaknya…

  • Avatar
    Maria Soemitro 10:55 pm 1 Mei 2021 Balas

    banyak yang seputar digital dan makanan ya?

    untuk agrobisnis, kang Emil (gubernur Jawa Barat) emang pernah bilang bahwa bisnis ini gak terganggu covid 19
    Malah mengalami peningkatan

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 7:12 am 2 Mei 2021 Balas

      Iya betul sekali kak saya setuju dengan pendapat kang Emil Gubenur JABAR, bisnis digital seperti yang saya ulas pada artikel di atas memang tidak pernah surut, karena kebutuhan orang saat ini lekat dengan teknologi. Maka, kita harus bisa membaca dan mengambil peluang yang ada sesuai skill kita atau pengalaman orang lain.

  • Avatar
    Dian Restu Agustina 3:22 am 2 Mei 2021 Balas

    Inspiratif sekali, Mas…Ide kreatif dari deretan usaha di artikel ini jika ditekuni pasti akan berhasil sesuai harapan. Begitu banyak peluang di depan mata tinggal kitanya mau berusaha atau enggak ya..
    Salut dan sukses untuk usahanya

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 7:09 am 2 Mei 2021 Balas

      Iya betul sekali kak Dian Restu, bahwa intinya dalam berbisnis itu memang harus tekun dan ada kemauan kuat untuk belajar secara holistik. Apapun usahanya jika tekun maka mudah-mudahan bisa berhasil. Btw, yuk kak coba usaha rumahan di atas?

  • Avatar
    nurulrahma 6:53 am 2 Mei 2021 Balas

    Banyaaakkk banget usaha online yg bisa ditekuni ya.
    Apalagi di era digital seperti sekarang.
    So, orang yg di rumah aja tuh SANGAT BISA tajir melintir karena usahanya… bukan karena babi ngepet wkwkwkw

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 7:07 am 2 Mei 2021 Balas

      Betul sekali kak nurul, banyak sekali nih usaha rumahan yang bisa digeluti untuk mendapatkan cuan. Hehe, udah gak zaman lagi nih kak ngepet2, hehe, yuk cari rezeki yang halal toyiban 🙂

  • Avatar
    Fenni Bungsu 8:59 am 2 Mei 2021 Balas

    Lagi menekuni yang nomor 2 dan 3, karena selain bisa berbagi manfaat melalui tulisan maupun konten video, sekaligus jadi pengingat diri juga untuk pengembangan skill dan kemampuan menulis

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 9:26 am 2 Mei 2021 Balas

      Mantap sekali kak Fenni, lanjutkan passion dan hobinya ya, mudah-mudah berhasil ya kak 🙂

  • Avatar
    hani 9:49 am 5 Mei 2021 Balas

    Banyak sebetulnya ya supaya bisa survive di masa pandemi ini. Malah kita jadi terlatih untuk multitasking dengan mengandalkan digital.
    Keren nih, dari hobi bisa jadi penghasilan…

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 8:26 am 6 Mei 2021 Balas

      Betul kak peluang usaha online terbuka di depan mata, banyak sekali yang bisa kita eksplore dan kembangkan..

  • Avatar
    Haryadi Yansyah | Omnduut 11:11 am 5 Mei 2021 Balas

    Wah menjadi blogger atau content creator termasuk ya. Tinggal konsisten dan mengusir rasa malas aja ini yang berat haha. Sambil ngelirik juga kesempatan lain untuk lebih berkembang.

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 8:24 am 6 Mei 2021 Balas

      Bisa kak, hehe, konten kreator kan termasuk usaha online kak, bisa menerima penghasilan dari kerjasama dengan brand, perusahaan tertentu, dll..

  • Avatar
    Hendra Suhendra 12:04 pm 5 Mei 2021 Balas

    Banyak banget ya kesempatan untuk berwirausaha, tergantung dari diri kita sendiri, mau mencobanya atau nggak. Kalau saya lagi seriusin kelola blog dan jasa menulis artikel. Yah sesuai dengan passion saya sih. Kerjaannya juga fleksibel banget, bisa di mana aja. Terima kasih atas point-point penting tersebut. Jadi punya banyak pilihan untuk menjalani peluang usaha tersebut.

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 8:23 am 6 Mei 2021 Balas

      Mantap mas, kelola blog dan jasa menulis artikel juga boleh tuh, peluang usaha yang menjanjikan juga ya di tahun 2021 ini, mantapppp lanjutkan kak..

  • Avatar
    Nurul Sufitri 3:31 pm 5 Mei 2021 Balas

    Profesi online yang mencerahkan yach mas 🙂 Hari gini semua orang bisa kerja apa aja dengan jaringan internet yang mumpuni donk. Kalau aku selain ibu rumah tangga, jadi blogger ajalah hehehe. Blog udah kayak anak ketiga iniiii hihihi kudu diurus dengan bahagia tentunya. Btw aku udah follow IG, TW dan YT nya yach…

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 8:20 am 6 Mei 2021 Balas

      Tidak masalah kak, jadi blogger juga udah oke kok jika lancar menrima job content placement dll, misalnya…

  • Avatar
    Maria Soemitro 9:08 pm 5 Mei 2021 Balas

    ternyata cukup banyak ya?
    karena itu saya sering heran ngelihat orang yang jobless karena hopeless
    Ya kalo nggak mau mencari dan mencoba, gimana bisa menemukan kan ya?

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 8:19 am 6 Mei 2021 Balas

      Iya betul sekali kak, dalam berbisnis harus kreatif dan inovatif, serta mau mencari peluang yang ada kak… 🙂

  • Avatar
    Tanti Amelia 9:20 pm 5 Mei 2021 Balas

    Aku memilih di nulis dan ilustrator aja mas, karena setia dengan satu bidang itu di saat pandemi jadi sumber pemasukan yang tak henti

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 8:19 am 6 Mei 2021 Balas

      Wah makasih kak tambahan usaha online yang bisa ditekuni di tahun ini yaitu jasa ilustrator..mantap kak, semoga sukses selalu ya untuk usaha kak Tanti dan keluarga, aamiin….

  • Avatar
    Bayu Fitri 9:59 pm 5 Mei 2021 Balas

    Jaringan online memudahkan segalanya ya pak..terutama untuk usaha online pasti ada saja peluangnya sukses deh ya untuk yang punya usaha online…

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 8:17 am 6 Mei 2021 Balas

      Iya betul peluang usaha online itu jaringannya luas dan pinter2 pelaku usaha UMKM/UKM saja nih…harus bisa adaptasi saja, apalagi ini masih pandemic COVID-19 tentu strategi bisnisnya pun akan berbeda pula.

  • Avatar
    Putu Sukartini 6:58 am 6 Mei 2021 Balas

    Banyak peluang kerja dan bisnis yang bisa dilakukan secara online. Tinggal kita mau berusaha dan harus kreatif aja sih

    Makanya agak aneh klo ada yang komentar, orangnya di rumah aja tapi kok punya duit hehe. Kasihan dia belum teredukasi.

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 8:16 am 6 Mei 2021 Balas

      Betul sekali kak di zaman yang serba digital saat ini banyak peluang usaha online yang bisa digarap, dan memang banyak orang yang belum tahu untuk hal ini dan perlu diedukasi lagi. Kadang ada kak teman blogger yang tiba2 bisa beli ini itu dipikir tetangga punya tuyul hehe…iya kalo aku percaya pake jurus “tuyul online” hehe 🙂

  • Avatar
    Annie Nugraha 7:16 am 6 Mei 2021 Balas

    Banyak banget usaha rumahan yang bisa kita lakukan selama pandemi ini. Yang penting ada niat, pengetahuan dan skill yang dibutuhkan untuk usaha itu plus tentu saja modal yang mencukupi.

    Semenjak pandemi, kegiatan saya sebagai reviewer yang mewajibkan saya harus traveling, tergantikan dengan photography. Tepatnya jadi food photographer. Ternyata menarik dan menantang banget. Selain tentu saja dengan tetap mengajar on-line dan melanjutkan usaha di bidang craft.

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 8:14 am 6 Mei 2021 Balas

      Wah keren ya kak Annie ini usahanya sudah di bidang craft yang lekat dengan pembuatan kerajinan-kerajinan tangan dll, mantap kak Annie lanjutkan dan semoga sukses ya usahanya…

      • Avatar
        Sani 11:47 am 6 Mei 2021 Balas

        Banyak ya peluang. Kerjapun bisa dari rumah. Sampe dibilang piara tuyul or babi ngepet hehe
        Saya tertarik jual makanan. Moga terlaksana th ini hehe

        • Wahid Priyono
          Wahid Priyono 8:11 am 10 Mei 2021 Balas

          Hehe, iya kak banyak orang awam yang belum tahu kedahsyatan bisnis/usaha online karena biasanya pelaku yang sukses diusaha online sering ddifitnah punya tuyul….iya betul “punya tuyul online” hehe…

  • Avatar
    Rhoshandhayani 7:52 am 6 Mei 2021 Balas

    aku baru cobain nomor 2 dan 3
    mau menekuni di bidang itu dulu sih
    pengennya merambah ke youtube
    tapi bingung mau bikin konten apa

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 8:13 am 6 Mei 2021 Balas

      Wah keren kak, apalagi sudah merambah jadi artist youtubers pastinya bisa lebih jos lagi….kalo cewek kan lekat dengan masak memasak, bisa kak bikin tutorial menu makanan sehat sehari-hari…

  • Avatar
    Mutia Ramadhani 8:27 am 6 Mei 2021 Balas

    Banyak hal yang sudah dirimu lakukan mas. Semoga berkah di semua usaha ya mas. Amin.

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 8:57 am 6 Mei 2021 Balas

      Aamiin..sama2 ya kak Muthe, sukses juga untuk kak Muthe dan keluarga..

      • Avatar
        Mutia Ramadhani 7:38 am 7 Mei 2021 Balas

        Senangnya join ke Exabytes Indonesia, serasa punya business planner sendiri. Hihihi.

  • Avatar
    Fadli 8:29 am 6 Mei 2021 Balas

    Banyak banget peluang usaha online di tahun ini ya Mas. Dengan sebanyak ini peluang usaha, mestinya anak muda mau giat biar bisa menjadi sukses di masa yang akan datang, dan jika butuh website untuk bisnisnya, bisa kunjungi Exabytes

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 8:55 am 6 Mei 2021 Balas

      Iya betul sekali mas fad, peluang usaha online sangat banyak dan memang kita perlu untuk mencobanya ya, semoga sukses selalu untuk para pelaku online yang sedang membangun usahanya…aamiin.

      • Avatar
        Sani 2:54 am 8 Mei 2021 Balas

        Harus pandai cari peluang. Juga sesuaikan dengan pasion kita juga kan.. supaya senang menjalankan usahanya hehe

  • Avatar
    Nanik Nara 8:43 am 6 Mei 2021 Balas

    iya, sebenarnya banyak peluang usaha ya di masa pandemi ini, tinggal kekuatan niat dan mental seseorang buat menjalaninya.

    Saya juga lagi ternak ayam kampung, mentok, lele sama angsa. Mau lebaran gini dah ada yang nawar sepasang mentoknya, ditawari harga tinggi. Lha tapi kami udah terlanjur sayang sama si mentok. Jadinya nggak di lepas deh hehehe….

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 8:51 am 6 Mei 2021 Balas

      Ya Allah mbak nanik aku itu paling suka makan daging mentok atau ayam kampung, dagingnya juga enak dan khas ya mbak. Iya banyak nih pasti permintaan pasar untuk ayam kampung, entok, bebek dll. Hehe..

  • Avatar
    Ririn Wandes Melalak Cantik 9:45 am 6 Mei 2021 Balas

    Era digital semakin berkembang tentunya banyak peluang pekerjaan baru yang bisa dicoba ya. Makin menjanjikan penghasilannya dan bisa dikerjakan darimana saja. Saya sejauh ini sudah kerjakan sebagai content writer dan blogger nih.

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 7:57 am 10 Mei 2021 Balas

      Bagus tuh kak Ririn Wandes sudah mengerjakan job sebagai blogger dan content writer, mantap kak lanjutkan…yang penting tekun saja kak insya Allah cuan nantinya…

  • Avatar
    Dyah ummu AuRa 10:21 am 6 Mei 2021 Balas

    Banyak sekali sebenarnya peluang usaha yang tetap bisa kita lakukan di masa pandemi ini ya mas. Kalau aku tentu saja memilih menjadi blogger. hehehe.. soalnya kerjanya bisa dari rumah sembari ngajarin anak-anak yang kemarin harus sekolah daring

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 8:00 am 10 Mei 2021 Balas

      Wah boleh juga tuh kak jadi blogger karena banyak sekali peluang usaha online yang bisa menghasilkan dari self-employed sebagai seorang blogger misalnya dengan content placement artikel, content writer, dll ya kak, tentunya seru ya, bahkan saya juga masih menghasilkan dari blog selama pandemik COVID-19 ini,

  • Avatar
    Indri Ariadna 11:04 am 6 Mei 2021 Balas

    Masih jadi freelancer, blogger dan menuju ke financial planner nih om. Semuanya work from home.

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 8:01 am 10 Mei 2021 Balas

      Lanjutkan kak Indri untuk usaha-usaha onlinenya, semoga semakin berkembang ya di masa pandemik COVID-19 ini.

  • Avatar
    Fenni bungsu 11:41 am 6 Mei 2021 Balas

    Peluang positif untuk bisa dimanfaatkan saat ini, karena dari rumah bisa menghasilkan cuan tentunya dengan tekun dan konsisten .

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 8:02 am 10 Mei 2021 Balas

      Setuju kunci usaha online itu memang harus tekin dan konsisten agar hasilnya mengikuti…hehe. Semangat usaha online untuk teman2 pelaku UKM/UMKM di Indoensia ya?

  • Avatar
    Icha Marina Elliza 1:47 pm 6 Mei 2021 Balas

    Yang saya lakukan masih sebagai content creator dan juga blogger mas. Beberapa kali pernah juga jualan online saat orang-orang sedang isoman. Memberi jasa untuk membelanjakan kebutuhan sehari-hari

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 8:04 am 10 Mei 2021 Balas

      Wah jadi blogger dan content creator juga peluang usaha online saat ini yang cukup berprospek bagus ke depannya, itulah mengapa saya melist peluang usaha demikian karena permintaan pasar juga sedang ramai-ramainya, baik dari advertiser, pengusaha, dll.

  • Avatar
    Dian 4:10 pm 6 Mei 2021 Balas

    banyak juga ya mas,peluang usaha online yang bisa kuta lakukan
    klo aku karena nggak bisa jualan barang, jual ide aja
    jadi content writer

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 8:05 am 10 Mei 2021 Balas

      Mantap sekali kak Dian sudah menekuni peluang usaha online seperti jadi content creator, harus dilanjut terus kak semangat !!!

  • Avatar
    Ratna Kirana 4:13 pm 6 Mei 2021 Balas

    Saya kepengen mencoba bertanam deh, tetapi bagaimana ya caranya agar tidak cepat mati hehe. Menarik banget sih jadinya, apalagi pohon buah, bisa dimakan sendiri atau dijual hehe.

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 8:06 am 10 Mei 2021 Balas

      Wah, bisa kak menanam pohon tanaman di samping rumah tentu dengan bibit tertentu yang bisa menghasilkan cuan…jadi selain hasil panen bisa dikonsumsi sendiri juga bisa dijual..seru ya kalo bener2 bisa terealisasi…

  • Avatar
    cindy Vania 4:32 pm 6 Mei 2021 Balas

    kalau blogger dan jualan online saya sudah lama banget sih jalaninnya. yang baru2 mulai saat pandemi itu malah sewa mainan, tapi memang ramai banget karena kan gak bisa dan gak boleh kemana2 yaa..

    btw yg tanaman2 gitu iya nih menjanjikan banget sekarang

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 8:08 am 10 Mei 2021 Balas

      Betul sekali kak, peluang usaha online seperti bibit tanaman sedang booming dan dicari orang, reseller, dll.

      Makasih kak atas tambahan idenya peluang usaha mainan..semoga menginspirasi teman2 yang lain juga ya…

  • Avatar
    Syahri 9:35 pm 6 Mei 2021 Balas

    Waah dari beberapa peluang usaha online yg sudah dipaparkan hanya beberapa yang sudah saya coba, tapi hasilnya belum memuaskan juga sih. Bagus juga nih kalo dicoba satu persatu. Barangkalia aja ada keberuntungan yg berpihak pada saya untuk memulai bisnis online dimasa pandemi ini

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 8:09 am 10 Mei 2021 Balas

      Iya kak, yuk bisa dimulai dari sekarang, tentunya ada tantangan yang patut diperjuangkan untuk berjualan produk/jasa secara online di tahun 2021 ini…

  • Avatar
    Siti Nurjanah 3:10 pm 7 Mei 2021 Balas

    Jika ingin berusaha setiap peluang itu selalu ada ya ka’
    Salut sih ka’ Wahid bahkan sudah menekuni beberapa diantaranya
    Semoga sukses ya utk tiap usaha yg dijalankan

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 8:13 am 10 Mei 2021 Balas

      Betul kak, yang terpenting menurut saya itu dalam berusaha/bekerja itu penting untuk meningkatkan gairah semangat bekerja, etos kerja harus tercharger dengan baik sehingga akan lebih mudah sukses dibandingkan tidak mau mengambil setiap peluang usaha online/offline yang ada di depan mata. Hehe.. yuk semangat berbisnis di tahun 2021, sukses semuanya ya buat teman2 pelaku UKM/UMKM di Indonesia.

  • Avatar
    Jihan 4:41 am 10 Mei 2021 Balas

    Wah kak aku baru tahu beneran kalau ayam katek bisa jadi cuan lhoo.
    Kupikir memang kalau pekerjaan yang dijalankan sesuai dengan hobi ngga akan ada capeknya hihi..

    • Wahid Priyono
      Wahid Priyono 7:51 am 10 Mei 2021 Balas

      Iya betul sekali kak Jihan, pekerjaan apapun kalo emang kita hobi dan mau menekuninya pasti jauh lebih bagus dan bisa cuan di masa pandemik COVID-19 seperti saat ini.

Write a comment