Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

Wahid Priyono

Bloger

Web Designer

Influencer

Freelancer

Teacher

Writer

Content Creator

Badminton Lovers

#BlogPost

UMKM Lokal Semakin Maju Bersama Eranyacloud

10 September 2023 Teknologi
UMKM Lokal Semakin Maju Bersama Eranyacloud

Saatnya UMKM lokal semakin maju, maju, dan maju !!!!!

Ya, babak baru UMKM telah dimulai pasca pandemi Covid-19 lalu, dimana pelaku bisnis mikro kecil ini sudah babak belur dihantam badai Covid-19.

Infrasturktur bisnis UMKM lokal hancur lebur dan menyisahkan perjalanan menyedihkan karena mengalami kerugian yang tidak sedikit.

Banyak juga pelaku bisnis UMKM lokal yang gulung tikar, melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK), bahkan pengurangan karyawan secara besar-besaran sehingga berdampak kepada munculnya pengangguran dimana-mana.

Sebagai pelaku usaha/bisnis tentu tidak akan mengulangi dan mengharapkan wabah covid-19 itu datang kembali ke tanah air.

Bisa kita bayangkan, seberapa menderitanya diri kita, keluarga, warga di sekitar tempat tinggal kita, bahkan keluarga dan orang yang kita sayangi? semuanya telah terdampak Covid-19.

Dan tidak terasa saat ini Covid-19 sudah berlalu…

Good Bye COVID-19

Semakin hari saya perhatikan bisnis UMKM lokal ini semakin melejit dan mengalami perkembangan yang cukup signifikan pasca Covid-19. Mereka pelaku bisnis UMKM ini mulai beradaptasi dengan kondisi pasar yang dinamis.

Itulah yang dinamakan roda kehidupan, kadang ada di atas, kadang pula ada di bawah.

Covid-19 mengajarkan pada kita untuk teguh dan memiliki semangat kemerdekaan untuk terus maju, serta tidak gampang mengeluh dalam kondisi apa pun itu.

Semangat untuk maju, terus bertransformasi menjadi lebih baik, adalah langkah untuk menumbuhkan diri kita pada arah yang semakin baik.

Covid-19 telah berlalu, kita sebagai pebisnis UMKM sudah saatnya untuk terus maju, merdeka dari Covid-19, dan mari babak baru kehidupan pelaku bisnis UMKM lokal dimulai.

Babak Baru Kehidupan Pelaku Bisnis UMKM Lokal Dimulai

Pasca Covid-19 berlalu, maka UMKM lokal semakin bergerak pertumbuhannya. Hal ini tidak lain karena pelaku bisnis UMKM selalu melakukan inovasi, kebaruan, kolaborasi, serta mampu melakukan adaptasi dengan perkembangan pasar saat ini. Dengan begitu UMKM mampu terus konsisten untuk membuka sebanyak mungkin lapangan kerja, sehingga mencegah banyak pengangguran. UMKM juga bisa menjadi pendorong tumbuhnya ekonomi masyarakat dan peningkatkan derajat hidup bagi mereka. Selain itu, negara juga akan diuntungkan dari sektor UMKM ini sebab UMKM adalah pilar utama ekonomi bangsa.

Majunya UMKM saat ini bisa kita lihat dari adanya proses transformasi digital UMKM yang sebelum Covid-19 melanda Indonesia sebagian pelaku bisnis mikro ini hanya menjual secara offline dan belum banyak yang memasarkan bisnisnya secara online.

Dengan semakin banyak pelaku bisnis yang melek transformasi digital, maka mereka sudah banyak banyak yang menjual produk-produk mereka secara online. Baik itu di toko online pribadi maupun di marketplace/e-commerce.

Dan memang sebagai pelaku bisnis UMKM harus terus belajar, ada kemauan belajar untuk terus menumbuhkan roda bisnisnya menjadi lebih bagus.

BACAAN LAINNYA:  8 Tips Meningkatkan Produktivitas Karyawan Di Tempat Kerja Melalui Kolaborasi Digital di Era Masyarakat Society 5.0

Pelaku bisnis UMKM bisa membuat website bisnis dengan terintegrasi dengan platform digital lainnya seperti sosial media sebagai penarik jumlah masa untuk terjadinya take to action pada produk yang dijual.

Perananan transformasi digitalisasi dalam bidang bisnis UMKM ini perlu diterapkan di bisnis-bisnis kecil mikro ini supaya harapan besar nantinya para pelaku bisnis UMKM sudah go online dalam memasarkan produknya.

Transformasi Digital UMKM, Wajib Atau Sunah?

Sejauh tujuannya untuk hal-hal yang positif, saya mengatakan bahwa transformasi digital saat ini bagi UMKM adalah wajib hukumnya.

Alasannya karena beberapa hal:

  • Pertama, masyarakat Indonesia sudah banyak yang menggunakan perangkat digital seperti handphone, laptop, tablet, dan lain sebagainya dalam aktivitas sehari-hari. Bahkan untuk membeli kebutuhan hidup harian saja lewat handphone. Sebagai contohnya membeli makanan lewat aplikasi makanan, berpergian naik ojek online, dan masih banyak yang lainnya;
  • Kedua, Indonesia punya bonus demografi yang luas, dengan masyarakat yang heterogen. Ini sangat bagus dijadikan sebagai sasaran atau ladang bisnis bagi pelaku bisnis UMKM;
  • Ketiga, masyarakat Indonesia dengan tipe orangnya yang suka ikut-ikutan, maka peluang berbisnis online adalah cara yang tepat;
  • Keempat, jumlah penduduk Indonesia adalah 365 juta orang, jika semua orang ini sudah terdigitalisasi maka UMKM akan semakin merdeka, artinya bisa melakukan tembakan ke orang-orang ini untuk menjual produk/jasa mereka;
  • Kelima, di tahun 2023 ke atas adalah sudah masuk ke generasi milenial dan gen-Z yang salah satu cirinya adalah tipe orang yang suka semua hal itu simpel. Kadang sebagian dari mereka adalah tipe orang yang malas gerak (mageran). Jadi misalnya mau beli sesuatu pengennya online terus. Beli makanan atau minuman pengennya online, termasuk seneng banget pake marketplace dalam melakukan aktivitas berbelanja barang/jasa.

Nah, penjelasan di atas hanyalah beberapa alasan mengapa UMKM dalam prosesnya saat ini harus mulai go digital, artinya harus sudah bertransformasi secara digital. Termasuk UMKM dalam ini perlu kiranya untuk memasarkan barang/jasanya juga harus sudah mulai dilakukan secara digital.

Sebagai contohnya dalam pengembangan website usaha juga harus sudah teroptimalisasi dengan penggunaan sumber daya yang mumpuni, misalnya memakai cloud computing untuk menunjang bisnis yang sedang dijalankan.

Nah, sebenarnya apa sih cloud computing itu? dan bagaimana peranan serta serba-serbinya untuk UMKM? mari kita lanjut baca pada bagian di bawah ini.

Mengenal Teknologi Cloud Computing Untuk Bisnis UMKM

Sepemahaman saya yang juga pernah mendampingi beberapa UMKM lokal tentang bisnis online, bahwa saya termasuk orang yang cerewet dan mewanti-wanti mereka untuk go digital.

Saya sering sekali mengajak mereka bahkan teman-teman saya yang sering berjualan produk makanan untuk memasarkan produknya lewat website atau sosial media.

BACAAN LAINNYA:  4 Manfaat AI Credit Scoring Bagi Pelaku Bisnis UMKM dan Lembaga Penyelenggara Layanan Pendanaan Masyarakat

Cara di atas memang perlu dilakukan karena ini bagian dari cara survive dalam berbisnis di era masyarakat society 5.0, dimana terjadi pergeseran gaya berbelanja kebanyakan orang dari cara tradisional ke arah modern dengan memanfaatkan platform digital.

Saya pun pernah mengenalkan mereka tentang teknologi Cloud Computing yang saya rasa begitu penting dimiliki dan dipelajari oleh pelaku bisnis industri UMKM ini karena memang sudah zamannya seperti ini.

Setahu saya cloud computing bisa kita jadikan sebagai role model bisnis digital masa kini, dimana bisa menjadi contoh bagi semua pelaku bisnis yang ingin selamat dari hal-hal yang tidak disukai oleh pengguna/konsumen.

Saya ambil contohnya, pernah kan kita berbelanja online di salah satu marketplace/situs e-commerce dan tiba-tiba website mengalami error atau lambat aksesnya?, saya sendiri pun pernah mengalami hal demikian dan rasanya snagat kesal dan ingin langsung menutup/close tombol browser situs belanja tersebut.

Nah, untuk menangani masalah server error, website lambat akses dan lain sebagainya, maka pelaku bisnis UMKM maupun UKM saya rasa perlu menggunakan teknologi cloud computing agar akses konsumen ke situs marketplace bisnis tetap lancar/stabil sehingga UMKM akan mengalami keuntungan dari segi bisnis serta meningkatkan kepercayaan (trust) dan juga loyalitas pembeli di masa yang akan datang.

Selain hal di atas, teknologi cloud computing juga bisa membangun dasar infrastruktur IT dalam bisnis serta membuat urusan bisnis apa pun menjadi lebih lancar dan mudah dievaluasi.

Eranyacloud, Penyedia Layanan Cloud Computing Terbaik Untuk Pelaku Bisnis UMKM

Beruntungnya, saat ini di Indonesia sudah ada Penyedia Layanan Cloud Computing terbaik dan terkemuka, yaitu Eranyacloud.

Mungkin rekan pembaca atau pelaku bisnis UMKM masih asing dengan Eranyacloud ini, sehingga pada artikel ini sangat rugi sekali jika tidak saya jelaskan disini.

Jadi, Eranyacloud merupakan full service cloud provider untuk membantu perusahaan skala besar seperti e-commerce atau pelaku bisnis UMKM untuk mengelola seluruh infrastruktur IT mereka.

Penyedia layanan cloud computing di indonesia ini adalah sebuah cloud service provider yang bisa diandalkan, aman, dan simpel dengan dukungan penuh 24 jam setiap harinya.

Layanan yang disediakan Eranyacloud antara lain adalah Public and Private Cloud, Cloud Backup Protect, Jasa Recovery Data, Disaster Recovery, Virtual Security Operation Center (vSOC), Email Collaboration, Web Application Security (WAF), dan Managed Services dengan multi-cloud capability, Cloud Monitoring and Support, serta masih banyak yang lainnya.

Untuk memberikan solusi cloud infrastruktur IT yang terbaik bagi para pelanggan atau pelaku bisnis, maka pihak Eranyacloud menggunakan AMD EPYC™ prosessor.

Dimana prosessor AMD tersebut diciptakan dengan baik untuk memberikan nilai, keamanan, serta kinerja kelas dunia, yang memungkinkan para pelanggan mampu mencapai keunggulan kompetitif yang signifikan.

BACAAN LAINNYA:  Semua Urusan Sekolah Beres Berkat Laptop ASUS Legend Yang Menemaniku Sepanjang Waktu

Tidak hanya itu saja, prosessor AMD yang canggih tersebut juga didukung oleh all-flash storage yang 100% menggunakan storage berbasis NVMe, sehingga sangat cocok untuk mendukung performa infrastruktur IT perusahaan/industri bisnis dari berbagai level.

Storage berbasis NVMe ini sangat bagus karena memungkinkan para pengguna/pelanggan untuk memiliki kecepatan server hingga mencapai sepuluh kali lipat (10x) lebih cepat dari storage biasa.

Sementara itu, untuk Eranyacloud sendiri memiliki dua lokasi data center di Indonesia dengan level Tier 4 maupun Tier 3, serta menjamin uptime hingga mencapai 99,9% Service Level Agreement (SLA). Kedua zona yang tersedia tersebut memungkinkan penggunanya mampu membangun skema Disaster Recovery.

Skema yang saya tahu ini yakni untuk mereplikasi layanan aplikasi menjadi dua mesin fisik yang terpisah guna meminimalkan dampak buruk/negatif yang disebabkan oleh kegagalan suatu infrastruktur, bisa karena akibat bencana yang tidak terduga pada kondisi-kondisi tertentu.

Eranyacloud juga sangat ramah dan siap menangani setiap permasalahan pelanggan, serta setia akan mendampingi pelanggan yang membutuhkan bantuan terkait kepatuhan regulasi infrastruktur IT yang berlaku, termasuk regulasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) maupun Bank Indonesia (BI).

Pendampingan semacam ini tentunya sangat bagus karena mampu menjadikan Eranyacloud sebagai partner infrastruktur IT yang dapat diandalkan dan layanan cloud computing yang bisa digunakan oleh semua level usaha, mulai dari Usaha Kecil Menengah (UKM), Usaha UMKM hingga Korporasi.

Jadi bisa kita katakan bahwa, Layanan Cloud computing dari Eranyacloud ini sudah bisa dijajal oleh pelaku bisnis besar, skala UKM maupun UMKM, sehingga semua urusan bisnis akan semakin ringkas dan cuan pun akan semakin mudah diperoleh.

Sudah Saatnya UMKM Lokal Indonesia Semakin Maju Bersama Eranyacloud. Eranya Cloud #SelaluAdaTukIndonesia

Semakin bagusnya literasi masyarakat Indonesia terkait pentingnya penggunaan teknologi cloud computing dalam menunjang bisnis skala UKM maupun UMKM, maka kini sudah saatnya kita bangun infrastruktur IT perusahaan di bisnis apapun itu jenisnya.

Pengembangkan infrastruktur IT dalam bisnis itu sangat penting sekali. Dan saya rasa, bisnis UMKM dapat dioptimalkan dengan menggunakan teknologi cloud computing dari Eranyacloud.

Dengan semakin banyaknya perusahaan di berbagai skala, baik itu skala UKM maupun UMKM yang menggandeng Eranyacloud sebagai partner bisnis, maka saya rasa ke depannya pelaku bisnis UMKM di Indonesia akan terus menjadi baik, semakin maju serta akan tertransformasi digital dengan baik.

Pada akhirnya yang diuntungkan adalah semua pihak yang terlibat dalam siklus bisnis, baik itu produsen maupun konsumen sebagai target bisnis yang menjanjikan. Eranyacloud #SelaluAdaTukIndonesia.

Taggs:
21 Comments
  • Dian Restu Agustina 8:34 pm 13 September 2023 Balas

    Setuju, yang diuntungkan bukan hanya produsen saja tapi konsumen juga. Dan pastinya perusahaan atau pelaku bisnis UMKM akan terbantu dalam pengelolaan seluruh infrastruktur IT mereka dengan dukungan Eranyacloud yang merupakan full service cloud provider ini.

    • Ivayana 9:45 pm 15 September 2023 Balas

      Aah bener banget, pakai cloud tuh benrr2 membantu di era saat ini. Apa2 serba digital soalnya, ada baiknya juga dilakukan banyak penyuluhan atau pembinaan untuk umkm utk bisa mengikuti digitalisasi saat ini

      • Wahid Priyono 8:29 am 16 September 2023 Balas

        Bener banget kak, di era digital seperti sekarang ini, saya rasa memang penggunaan cloud computing untuk menunjang bisnis UKM maupun UMKM sangatlah penting sekali.

    • Wahid Priyono 8:37 am 16 September 2023 Balas

      Sama2 diuntungkan ya kak jika pelaku bisnis UKM/UMKM sudah melek dalam pembentukan infrastruktur IT di bisnis yang mereka kelola. Salah satunya dengan pemanfaatan teknologi berbasis Cloud Computing dari Eranyacloud ini juga sebagai langkah paling tepat untuk transformasi digital UMKM.

  • Annie NUGRAHA 8:39 pm 13 September 2023 Balas

    Sebagai salah seorang pelaku UKM yang sempat hancur lebur saat pandemi berlangsung, memang tidak mudah untuk bisa bangkit kembali. Bahkan hingga saat ini, meski sudah berbagai cara digalakkan, termasuk bergelut dengan dunia teknologi, sales and promotion kekinian, kondisi UKM masih merangkak berdarah-darah. It’s actually not that simple.

    Jika Mas Wahid tonton berita-berita terkini, contohnya Pasar Tanah Abang aja deh. Pasar yang dulu bisa mencetak transaksi puluhan milyar tiap hari, sekarang jatuh terpuruk. Banyak toko yang tutup, penjual yang ada pun sepi pembeli meski sudah berjualan on-line juga, dan beberapa blok dari Pasar Tanah Abang sudah seperti area mati.

    Dari apa yang saya alami dan rasakan, kebutuhan utama para UKM ini adalah kebangkitan ekonomi dan meningkatnya daya beli masyarakat seperti dulu, yang semuanya sekarang berada di titik nadir.

    Jadi saya harapkan, apapun teknologi yang ingin membantu UKM bangkit, seperti layanan cloud computing ini, bisa menjadi pencetus hal-hal tersebut di atas.

    • Wahid Priyono 8:35 am 16 September 2023 Balas

      Terimakasih kak Annie Nugraha atas saran dan argumentasi kakak di artikel ini, sangat bermanfaat menambah wawasan baru saya juga.

  • Emma 4:49 am 14 September 2023 Balas

    Yes dengan pindah digitalisasi UMKM akan tambah melebarkan sayap ke seantero jagat serta orang lain akan cepat mengenal produk yang ditawarkan. Semangat maju UMKM 💪

  • Fenni Bungsu 9:01 am 14 September 2023 Balas

    memang seharusnya udah mengikuti perkembangan jaman sih ya, setidaknya melek dengan teknologi guna meluaskan pangsa pasar juga, tetapi tetep dengan ciri khas si UMKM nya sendiri agar tetep dikenal

    • Wahid Priyono 8:34 am 16 September 2023 Balas

      Bener kak, salah satunya upaya transformasi digital yang sedang berjalan selama ini harus terus dipertahankan oleh pelaku bisnis UKM/UMKM di Indonesia.

  • Maria G 9:06 am 14 September 2023 Balas

    Jadi inget pertama daftar domain ke kantor salah satu provider, saya bertemu dengan seorang pemilik UMKM
    Itu beberapa tahun lalu
    Sekarang pastinya semakin banyak pemilik UMKM yang paham pentingnya digital marketing
    Dan Eranyacloud menyiapkan fasilitas yang sangat dibutuhkan

    • Wahid Priyono 8:33 am 16 September 2023 Balas

      Yups, digital marketing memang kunci agar bisnis semakin sukses.

  • Nanik Nara 1:34 pm 14 September 2023 Balas

    Jadi ingat beberapa waktu yang lalu ada anggota DPR yang menyoroti pasar-pasar yang mulai sepi pembeli. Ah, mungkin bapak ini nggak tahu, walau terlihat sepi, tapi penjualan tetap ada, cuma pindah ke online. Bagi yang nggak mau merambah ke pemasaran online, ya memang jadinya sepi

    • Wahid Priyono 8:32 am 16 September 2023 Balas

      Hallo kak Nanik, bener banget, UMKM harus lebih merambah ke pemasaran produk/jasa secara online agar jangkauan bisnis atau pasar lebih luas.

  • Lasmicika 4:38 pm 14 September 2023 Balas

    Nggak bisa dipungkiri kalau pelaku usaha juga harus beradaptasi dengan dunia digital ya. Semoga UMKM kita makin maju dan berkembang.

    • Wahid Priyono 8:31 am 16 September 2023 Balas

      Aamiin, bener kak, sudah saatnya UMKM harus maju.

  • Dian 6:36 pm 14 September 2023 Balas

    Wah iya
    Kalau mau bertahan, memang umkm harus mengikuti zaman
    Beruntung ada bantuan teknologi berbasis cloud dari Eranyacloud seperti ini ya mas

    • Wahid Priyono 8:31 am 16 September 2023 Balas

      Yups bener banget, Eranyacloud memang terkenal handal kak soal cloud computing untuk menunjang bisnis UKM/UMKM.

  • lendyagassi 10:25 pm 14 September 2023 Balas

    Wajib doonk..
    Usaha UMKM juga harus banget Go Digital dan memanfaatkan media sosial yang ada masa kini untuk semakin maju dan membuka kesempatan berkolaborasi dengan pelaku usaha UMKM lain.

    Bersama Eranyacloud, media digital yang memudahkan untuk branding dan menjangkau segalanya di era digital. Semoga UMKM kembali berjaya.

    • Wahid Priyono 8:30 am 16 September 2023 Balas

      Yups bener dan setuju banget kak, memang UMKM harus berdikari di negeri sendiri juga harus segera go digital agar banyak menjangkau target pasar luas.

  • Nia Haryanto 8:33 pm 2 Oktober 2023 Balas

    Nah iya, sekarang mah punya UMKM gak perlu khawatir untuk go digital ya. Udah banyak yang support. Dari aplikasi hingga ke penggunaan cloud. Praktis pula ada yang ngurusin. Jadi kalopun gaptek, masih bisa ya. Semoga dunia UMKM lebih maju nih dengan adanya yang begini ini.

Write a comment